HOME

Rabu, 20 Juni 2018

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET PADA BISNIS ONLINE STUDI KASUS TOKOPEDIA

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET PADA BISNIS ONLINE STUDI KASUS TOKOPEDIA


Disusun oleh :
Cipto Tri Wibowo                 201610325277
Eka Setianingsih                  201610325298
Edo Prasetyo                        201610325231
Riski Amalia                          201610325271
Putri Wahyu Ningsih           201610325112
Teresia Siagan                     201610325338


FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
BEKASI
2018
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah,segala puji hanyalah bagi Allah SWT, Tuhan Pengatur semesta alam,yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Hanya atas perkenaan,rahmat,dan Karunia-Nya makalah ini dapat di selesaikan. Makalah ini di susun atas tingginya rasa tanggung jawab penulis terhadap kewajiban.
            Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kelemahan dan kekurangan baik dari segi penyajian maupun materinya. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya kemampuan dan pengetahuan kami. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan keritik dari semua pihak yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
            Dari lubuk hati yang paling dalam untuk menyampaikan rasa terimakasih khususnya kepada yang terhormat Bapak Don Haidy Abel, ST.,MBA&E selaku pemberi materi,yang telah menjadi bagian dalam penyelesaian proses pembuatan makalah ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya.



Bekasi, Mei 2018


Penulis
Kelompok 1





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAAKANG

Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu, salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi internet, dimana dahulunya internet hanya digunakan untuk keperluan bertukar informasi dan berkomunikasi oleh segelintir atau sekelompok orang. Berbeda dengan dulu, sekarang semua orang bisa menggunakan internet dan teknologi internet pada saat ini lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu bidang yang sekarang sedang banyak diminati dan digeluti oleh masyarakat adalah e-bussines atau bisnis online, bisnis online banyak diminati karena modal yang kecil dengan keuntungan yang lumayan besar dan jangkauannya yang luas. Salah satu perusahaan yang melakukan bisnis online adalah Tokopedia.

Mendengar nama Tokopedia siapa yang belum tahu nama tersebut saat ini. Terlihat sekilas Tokopedia layaknya seperti toko-toko online yang lain, tetapi jika ditelusur lebih dalam Tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di Indonesia. Sejarah Tokopedia dibangun berawal dari mimpi foundernya yang percaya dimana suatu saat akan berhasil menembus pasar Indonesia diimbangi dengan kerja keras mereka.

Tokopedia merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini akan memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah.

·         Profil dan Biografi William Tanuwijaya

William Tanuwijaya ia dikenal sebagai pendiri Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edision. William Tanuwijaya lahir di Kota Pamatang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya tersebut, setelah lulus SMA ia kemudian memberanikan diri untuk berangkat ke ibukota yaitu Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.

Setelah lulus dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak dibidang pengembangan software komputer. Namun lama kelamaan mulai terbesit ide dipikiran William Tanuwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana mimpinya adalah mempunyai perusahaan internet sendiri. Kemudian pada tahun 2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia. Ide William Tanuwijaya mengenai Tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli, hingga ia kemudian mulai terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia namakan dengan Tokopedia.

·         Munculnya Ide Mengenai Tokopedia

Ia kemudian mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. Untuk membangun Tokopedia tersebut, William Tanuwijaya membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut, keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehinga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga. Sadar bahwa idenya pasti berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan  melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal).

William Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya. Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau e-commerce  tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia, dimana orang-orang dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalui Tokopedia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Sehingga idenya tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami Indonesia.

Selama dua tahun, ia bekerja keras terus menerus mencari investor untuk membiayai ide Tokopedia nya tersebut. Banyak juga yang menganggap bahwa mimpinya terlalu tinggi. Disinilah modal mengenai kepercayaan menurutnya itu sangat penting sebab sangat sulit menurutnya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain apalagi untuk memulai bisnisnya tersebut. Semua ia lakukan dari nol untuk membangun bisnisnya tersebut.

·         William Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia

Hingga kemudian usaha William Tanuwijaya selama dua tahun akhirnya membuahkan hasil, tepatnya pada tahun 2009, pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia milik William Tanuwijaya resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia resmi diluncurkan ke public setelah mendapatkan suntikan dana dari para investor dan juga bos ditempat kerjanya. Tokopedia bahkan mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards.

Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun dari para investor, mengingat perkembangannya sangat baik seperti, East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013. Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014 Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram. William Tanuwijaya kemudian sekarang ini menjadi CEO perusahaan Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Hingga kini Tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha pantang menyerah William Tanuwijaya dan rekannya  Leontinus Alpha Edision.




1.2  RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas, kami merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.     Bagaimana cara berbelanja di Tokopedia ?
2.     Bagaimana cara menjual produk di Tokopedia ?
3.     Fitur-fitur apa saja yang tersedia dalam Tokopedia ?
4.     Produk-produk apa saja yang dijual di Tokopedia ?
5.     Bagaimana potensi dan peluang pasar di Tokopedia ?
6.     Bagaimana kondisi lingkungan bisnis Tokopedia ?
7.     Bagaimana analisis persaingan Tokopedia ?
8.     Bagaimana Visi dan Misi Tokopedia ?
9.     Penghargaan apa saja yang telah di dapat Tokopedia ?
10.  Apa Kelebihan dan kekurangan Tokopedia ?

1.3  TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah SIM dan menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah. Manfaat dari pembuatan makalah ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan baik penyusun maupun bagi pembaca tentang Perkembangan Teknologi Internet pada Bisnis Online Studi Kasus Tokopedia.










BAB 2
KAJIAN TEORI
Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet.
            Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti : pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importer, dan lembaga bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualannya berada di luar negri.
            Pengguna internet di seluruh dunia berkisar 200 juta, 67 juta diantaranya berada di Amerika Serikat, internet di Indonesia berlipat dua kali setiap 100 hari. Penggunaan internet untuk aplikasi strategi bisnis di Indonesia peluangnya cukup besar, tapi banyak orang tidak menyadari, karena pemain bisnis di Indonesia masih banyak kalangan tua.
            Setiap yang kita ketahui bahwa internet telah menciptakan revolusi yang sangat tidak terduga dalam dunia teknologi, informasi maupun komunikasi. Pengertian internet (interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.

2.1 Fungsi atau Manfaat Internet
Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut bebrapa fungsi atau manfaat dari penggunaan internet :
a. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai bebagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka.
b. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
Perkembangan internet yang semakin menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri sekalipun dengan biaya yang relative murah.
Selain itu, sudah banyak jejaring sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna internet untuk berkenalan dan menemukan teman bari di sana. Tidak sedikit juga dari mereka yang ngobrol atau chatting dengan kerabat mereka menggunakan jejaring sosial ini.
c. Mudahnya Belanja di Internet
Dengan meledaknya penggunaan internet, semakin banyak orang yang tertarik melakukan belanja online. Saat ini, banyak orang yang lebih suka belanja online karena sangat mudah dan efisien.
Salah satu keuntungan dari belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli item yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur, belanja online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa harus menyita banyak waktu.
d. Internet Sebagai Wahana Hiburan
Internet juga berperan sebagai “Penghibur” bagi anda yang sedang gelisah atau galau memikirkan sesuatu. Anda bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial, mendengarkan musik, menonton video atau main game.

e. Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
Dengan adanya internet, kita bisa berbagi apapun yang kita punya, seperti pengalaman, tutorial, resep, dan lain sebagainya melalui akun media sosial atau blog pribadi. Saat ini banyak orang yang lebih suka menggunakan blog pribadi untuk berbagi hal yang mereka punya. Terdapat puluhan platform yang bisa anda gunakan untuk membuat blog gratis, seperti blogger dan wordpress.
f. Pentingnya Internet Dalam Dunia Bisnis
Ilustrasi internet untuk bisnis mengingat internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang termasuk dalam bidang bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan internet demi meunjang bisnis mereka. Banyak orang yang telah menemukan berbagai manfaat internet untuk bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis online dimana peran internet sebagai bisnis utama.
A. Pengertian Teknologi Informasi
Secara umum, teknologi adalah suatu pengembangan dari aplikasi atau alat, baik berupa mesin, material hingga proses yang membantu manusia dalam mengerjakan beberapa pekerjaan dan menyelesaikan masalah. Sedangkan informasi secara umum adalah hasil dari proses atau manipulasi yang memiliki nilai pengetahuan bagi para pengguna. Jadi secara umum teknologi informasi adalah teknologi yang bermanfaat untuk mengolah data, memproses, menyusun, mengatur, mendapatkan dan menyelesaikan manipulasi data yang menghasilkan informasi berkualitas dan akurat.
B.Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli
1) Hagg dan Keen
Menurut ahli Hagg dan Keen, Teknologi Informasi adalah sebuah perangkat alat yang mampu membantu pekerjaan manusia dengan informasi dan melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan proses informasi.
2) Martin
Menurut Martin, Teknologi Informasi tidak hanya sebuah hardware atau software yang mampu menyimpan dan mengolah data namun juga mengirimkan informasi yang memiliki esensi komunikasi.
3) William dan Sawyer
Dua ahli ini berpendapat bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang menghubungkan komputer dengan komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi dan memiliki data dalam bentuk suara, dokumen maupun video.
4) Lucas
Beliau berpendapat bahwa Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang bisa diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.
Teknologi dan Informasi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan di era digital seperti sekarang ini, dengan memanfaatkan kecanggihan Teknologi Informasi, kita bisa mengerjakan banyak hal dalam hitungan menit. Teknologi Informasi benar-benar bisa membantu Anda dalam melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya lebih efektif dan efisien. Gunakan Teknologi dan Informasi dengan baik dan benar.

BAB 3
PEMBAHASAN
3.1 Cara Berbelanja di Tokopedia
1. Cari Barang
- Ketik nama barang yang Anda cari pada kolom pencarian.
- Atau klik pilihan kategori-kategori yang tersedia pada halaman Tokopedia
2. Masukkan Ke Keranjang Belanja
Setelah membuka salah satu produk, Anda akan masuk ke halaman produk. Pada halaman ini, terdapat informasi lengkap mengenai produk dan toko yang Anda pilih, antara lain :
Ø  Informasi Produk : berisi semua informasi penting yang berhubungan dengan produk yang sedang Anda lihat.
Ø  Ulasan : berisi ulasan produk dari pengguna Tokopedia yang sudah pernah membeli produk tersebut.
Ø  Diskusi Produk : tempat bertanya kepada penjual mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk yang Anda pilih. Contohnya bertanya mengenai ketersediaan stok produk.
Ø  Informasi Penjual : berisi informasi lengkap tentang  penjual.
Ø  Keterangan harga pas dan harga grosir (jika ada)
Jika sudah yakin dengan produk yang dipilih, klik tombol “ Beli “
3. Masukkan Alamat dan Jasa Kirim
Langkah berikutnya untuk berbelanja online di Tokopedia adalah mengisi formulir pemesanan. Silahkan mengisi semua formulir yang diperlukan dengan lengkap dan benar.
Langkah selanjutnya, klik tombol “ Beli Produk Ini “
Catatan : jasa pengiriman dapat berbeda antar satu penjual dengan penjual lain di Tokopedia.
4. Bayar
Untuk memulai proses pembayaran, klik tombol bergambar keranjang pada header menu, lalu klik produk yang telah dipilih.
Pilih metode pembayaran yang ingin digunakan, terdapat beberapa pilihan di Tokopedia, seperti :
1)      Mandiri Clickpay
2)      Mandiri e-cash
3)      BCA klikpay
4)      Transfer antar bank
5)      Saldo Tokopedia
Selanjutnya, klik tombol Checkout.
Catatan : jika Anda memiliki saldo Tokopedia namun jumlah tidak cukup untuk membayar total transaksi, Anda tetap bisa membayar sisa pembayaran menggunakan metode pembayaran lain.
5.Terima Barang
Setelah terima barang, harus konfirmasi jika barang sudah kita terima. Kamu juga disarankan membuat review untuk produk yang habis kamu beli.
3.2 Cara Menjual Produk di Tokopedia
§  Hal pertama yang dilakukan sebelum membuka toko di situs ini, tentu kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk Anda yang memiliki akun facebook bisa menggunakan akun facebook untuk masuk langsung tanpa harus mendaftar isi email. Lalu masuk ke situs www.tokopedia.com/login.pl
§  Setelah itu pilih pada bagian masuk menggunakan facebook, setelah memilih masuk menggunakan facebook anda harus memberi pengaturan aprove dari facebook, agar akun bisa terhubung karena tanpa memberi perintah hubungkan maka akun tokopedia tidak akan terhubung ke dengan facebook, sehingga sebelum masuk facebook dari tokopedia anda harus terlebih dahulu pastikan di browser anda sudah terhubung atau akun facebook di dalam keadaan log in.
§  Setelah masuk silahkan buat nama toko anda atau bisa menggunakan nama anda pribadi,semua terserah pribadi masing-masing.
§  Setelah toko telah dibuat sekarang saatnya untuk jualan, pastikan situs Anda sudah jadi setelah itu masuk produk baru atau masuk ke url http://www.tokopedia.com/product-add.pl.
3.3 Fitur-Fitur Yang Tersedia di Tokopedia
*      Gold Merchant
Banyak sekali fitur-fitur unggulan yang terdapat di dalamnya dan pastinya akan menguntungkanmu. Seperti Gold Badge yang muncul di halaman toko dan produk yang akan menarik perhatian calon pembeli, TopAds yang pastinya akan sangat membantu kamu untuk promosi, Statistik Toko untuk memantau performa tokomu, 1 Slot Admin Toko Gratis yang bisa kamu gunakan untuk menambah admin toko. Semua itu bisa langsung kamu rasakan dengan berlangganan Gold Merchant.
*      Free Returns
Fitur ini memungkinkan pembeli untuk meretur produk secara gratis jika tidak sesuai atau tidak cocok dengan catatan produk masih dalam kondisi layak dijual. Dengan memfasilitasi produkmu menggunakan Free Returns ini, tentunya tokomu akan lebih terlihat terpercaya di mata calon pembeli. Untuk penjual yang ingin menggunakan fitur ini, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali sampai waktu yang ditentukan.
*      Stock Management
Fitur ini akan memudahkanmu melihat sisa produk yang ada di toko, sehingga kamu tidak perlu lagi repot menghitung sisa produk setiap kali ada pesanan masuk. Dan yang paling penting, fitur ini bisa meminimalisir cancellation rate di tokomu karena stok produk yang habis akan otomatis masuk ke Stok Kosong, sehingga tidak dapat dipesan pembeli.
*      Mitra Toppers
Mitra Toppers adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman yang memudahkan kamu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Tokopedia bekerja sama dengan beberapa mitra penyedia pinjaman yang bisa kamu pilih seperti : BRI, UOB, Amar Bank, DBS, Bank Sampoerna, Taralite, hingga Modalku. Modal yang kamu dapatkan bisa untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis onlinemu, mulai dari menambah stok dan varian produk, menambah tenaga pekerjaan, sampai mendaftarkan merek dagang.
*      Pre Order
Dengan menggunakan fitur Pre Order, kamu bisa mendapatkan waktu tambahan untuk memproses pesanan sampai 30 hari. Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan jika menerima pesanan dalam jumah banyak. Jadi jika stok pesanan tidak mencukupi, produk tidak perlu digudangkan, kamu hanya cukup mengubahnya menjadi produk Pre Order. Dengan begitu, produk tersebut tetap bisa dilihat dan dibeli namun dengan waktu proses yang lebih lama.
*      Instoped
Fitur yang bisa meng-upload produk langsung ke Instagram, tidak Cuma 1 atau 2 produk saja bahkan bisa meng-upload hingga 20 produk sekaligus.
*      User Manaement
Kamu bisa menambah beberapa orang (maksimal 10 orang) untuk bantu mengelola tokomu di Tokopedia. Tambahan admin ini dibagi menjadi 3 antara lain Admin Toko, Admin Transaksi, dan Admin pesan

3.4 Produk Jasa Yang Dijual
Tokopedia.com menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi :


Ø  Pakaian
Ø  Fashion & Aksesories
Ø  Kecantikan
Ø  Kesehatan
Ø  Rumah Tangga
Ø  Dapur
Ø  Perawatan Bayi
Ø  Handphone & Tablet
Ø  Laptop & Aksesoris
Ø  Komputer & Aksesoris
Ø  Elektronik
Ø  Kamera, Foto & Vidio
Ø  Otomotif
Ø  Olahraga
Ø  Office & Statinery
Ø  Souvenir, Kado & Hadiah
Ø  Mainan & Hobi
Ø  Makanan & Minuman
Ø  Buku
Ø  Software



3.5 Potensi Dan Peluang Pasar Di Tokopedia
Seiring berjalannya waktu, Tokopedia.com pun berhasil merangkak naik menjadi sebuah perusahaan yang memiliki reputasi sangat baik dimata para investornya dan kalangan masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya investor yang menjalin kerja sama dengan Tokopedia.com sejak tahun 2009-2013. Tokopedia.com merupakan online market place yang menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli. Sehingga setiap dari mereka yang mengunjungi Tokopedia.com dapat melakukan transaksi yang aman karena dana pembayaran baru diberikan kepada penjual setelah pembeli menerima barang dan juga nyaman secara mudah serta juga bebas biaya. Tokopedia.com memiliki banyak investor besar dari Softbank Internet dan Sequoia Capital sebesar 100 juta USD setara dengan 1.2 triliun rupiah.


3.6 Kondisi Lingkungan Bisnis Tokopedia
Analisis matriks SWOT
1. Strength Threat (kekuatan ancaman)
Adanya situs online yang mudah diakses oleh pengguna internet, adanya rekening bersama, memberikan kenyamanan serta keamanan dalam belanja online, menyediakan pelapak yang terpercaya.
2. Strength Opportunity (kekuatan peluang)
Selalu memberikan pelayanan yang aman utuk berbelanja karena dengan akun-akun yang disediakan oleh Tokopedia.com seperti akun saat pembayaran yang baru diberikan kepada penjual setelah pembeli menerima barang, menyediakan pelapak yang memiliki harga miring namun tetap berkualitas agar tidak kalah saing dengan pesaing.
3. Weakness Opportunity (kelemahan peluang)
Adanya fitur untuk pelapak meskipun cukup mahal bisa melakukan proses yang cepat yaitu 1x24 jam dari waktu pemesanan memakai jasa pengiriman yang aman seperti JNE.
4. Weakness Threat (kelemahan ancaman)
Adanya hak cipta yang dilindungi oleh hokum jadi meminimalisasi adanya plagiat atau penipuan.
3.6 Analisis Persaingan Tokopedia
Dalam persaingan berbisnis harus memiliki kekuatan tersendiri dalam berbisnis. Dilihat dari kelengkapan mutu, tokopedia.com memiliki mutu dalam berbelanja online yang maksimal. Karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berbelanja dan barang yang berkualitas. Untuk harga yang ditawarkan oleh pelapak dalam tokopedia.com merupakan harga umum yang ada didalam pasaran. Sehingga tidak menurunkan minat pembeli untuk berbelanja di Tokopedia.com. untuk memperkenalkan bisnis ini, tokopedia.com memanfaatkan jasa iklan seperti iklan diberbagai website, Tokopedia.com memilih ambassador untuk bisa lebih memperkenalkan produknya atau bisnisnya seperti Chealsea Islan yang terpilih menjadi ambassador dan menayangkan iklan dimedia-media elektronik seperti TV dan radio, serta adanya aplikasi Tokopedia.com yang tersedia dalam iOS, play store untuk lebih menambah minat masyarakat dalam berbelanja didalam Tokopedia.com selalu memberikan hal baru dalam dunia berbisnisnya, seperti memperbarui tampilan dalam website atau aplikasinya agar tidak kalah menarik dengan aplikasi milik bisnis online lainnya yang menjadi pesaingnya.
3.7 Visi dan Misi Tokopedia
A.    Visi Tokopedia
a.       Membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet.
b.      Menjadi penyedia sarana transaksi online yang terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di Indonesia.
B.     Misi Tokopedia
a.       Menggunakan teknologi dari web dan internet secara tepat.
b.      Memperkuat produk dan layanan dari Tokopedia baik yang dilakukan secara online maupun offline.
3.8 Penghargaan Yang Telah di Dapat Tokopedia
a. Tokopedia berhasil menyabet penghargaan Best Company In Customer Industry dalam ajang Indonesia Digital Economy.
b.   Mendapat penghargaan Campaign terbaik dari Majalah Marketing.
c.Tokopedia raih penghargaan Top 50 Most Valuable pada Ajang Indonesian Brands 2016.
3.9 Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia
A.  Kelebihan Tokopedia
a. penampilannya yang ringan dan segar.
b. Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar.
c.  Loading site terhitung ringan, khususnya pada halaman-halaman toko dan produk.
d. Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, adanya fitur harga grosir.
e. Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import.
f. Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang tersedia.
g. Transfer dana yang relative cepat dengan rata-rata 2 hingga 3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
h. Waktu proses pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari semenjak invoice masuk.
i. Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
j. Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan dan optimal toko online milik kita.
B. Kekurangan Tokopedia
a. Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami eror.
b. Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
c. Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.
d. Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
e. Sering terjadi perang harga, membandrol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relative tinggi.
f. Peluang barang lebih banyak lalu pada member Gold Marchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
g. Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara optimal berkurang.
h. Tidak memiliki fitur diskon yang terbatas waktu.

BAB 4
KESIMPULAN

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Tokopedia ini merupakan bisnis yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam pelayanan serta fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan dalam setiap bisnis pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online. Adanya pesaing merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk menunjukan kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga, pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menembus pasar.
Saran
Adapun saran yang dapat kami berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang adalah sebagai berikut :
a. Agar selalu di percaya oleh pelanggan ataupun calon pembeli maka hendaknya pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan tepat dalam memberikan informasi dan layanan yang diberikan.
b. Selain itu, sebaiknya produk yang di dapat oleh para konsumen sama dengan apa yang mereka lihat di website.
c. Selalu memperbanyak event dan promo sehingga para pelanggan tertarik untuk membeli.





DAFTAR PUSTAKA

https://id.m.wikipedia.org/wiki/tokopedia
https://m.tokopedia.com
http://www.biografiku.com/2015/11/biografi-william-tanuwijaya-pendiri-tokopedia.html
http://genggaminternet.com/pengertian-teknologi-informasi-menurut-para-ahli/
http://yuniaryuni17.blogspot.com/2015/12/pengaruh-teknologi-internet-terhadap.html


1 komentar:

  1. Promo Bonus Terbaru Agen Bolavita ! Situs Judi Online Terpercaya Di Indonesia Sejak 2014 !

    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus Deposit Harian 5%
    ★ Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)
    ★ Bonus Rollingan Mingguan 0.5% + 0.7%

    Menyediakan Berbagai Jenis Taruhan Online Uang Asli :

    » Taruhan Bola Online ( SBOBET / IBC BET / 368BET / NOVA88 / CBET )
    » Casino Live ( Bakarat / Rolet / Dadu / Blacjkack / Dragon Tiger / )
    » Sabung Ayam Live ( S128 / SV388 )
    » Bola Tangkas
    » Togel Online ( HK / SGP / KL )
    » Tembak Ikan
    » Slot / Ding - Dong ( JACKPOT )
    » Poker Online

    Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
    Link Whatsapp 24 Jam : https://bit.ly/18SZvwy
    Link Live Chat : https://bit.ly/2VD8fER

    BalasHapus

ANALISIS TOKO ONLINE “ JD.ID ”

ANALISIS TOKO ONLINE “ JD.ID ” Dosen Pengampu : Don Haidy Abel,ST,MBA&E, LMP-NLP ...