HOME

Rabu, 20 Juni 2018

MENGANALISIS E-BISNIS TERHADAP AMAZON.COM

MENGANALISIS E-BISNIS TERHADAP 
AMAZON.COM


Kelompok         :
Aisyah                                      201610325188
Jihan Aufila                               201610325328
Samsul Hadi                             201610325227
Sumita Ramadhanti                   201610325242
Kiwanson                                  201610325160
Kreshno Wildan                         201610325110
Kelas                :  4 B2


FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1       LATAR BELAKANG
Perkembangan E-commerce semakin pesat ditandai dengan semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan survey Marketeers bersama lembaga riset MarkPlus Insight, pengguna internet di Indoneia pada tahun 2010 sejumlah 42,16 juta jiwa dan terus meningkat sampai pada tahun 2013 yaitu mencapai 74,57 juta jiwa (www.the-marketeers.com). Hal ini menunjukkan bahwa peluang e-commerce akan semakin besar di dunia maupun di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki nilai e-commerce yang diperkirakan terus meningkat hingga mencapai angka 130 miliar dollar AS pada 2016 yang diungkap oleh CEO Southeast Asia Lazada, Maximillian Bittner (www.wartadigital.com).
Peningkatan nilai pada e-commerce juga mempengaruhi konsep-konsep pemasaran. Konsep pemasaran saat ini berorientasikan pada konsumen. Perilaku pada konsumen e-commerce memang sedikit berbeda dengan perilaku konsumen tradisional. Bagi konsumen online, melakukan transaksi dengan pemasar online akan mempertimbangkan ketidakpastian dan resiko jika dibandingkan dengan transaksi jual beli secara tradisional. Pembeli diberikan kesempatan yang sedikit untuk mengetahui kualitas produk dan melakukan pengujian terhadap produk yang diinginkan melaluibmedia web. Ketika pelanggan melakukan pembelian dari website pemasar yang tidak dikenal, mereka tidak dapatvmengetahui kualitas barang dan jasa yang ditawarkan.
Faktor pendukung e-commerce salah satunya adalah website. Konsumen pada e-commerce berinteraksibdengan perusahaan menggunakan website. Pengukuran kualitas website dapat dilakukan dengan tools atau survei. Pada penelitian ini, kualitas web diukur oleh pengguna khususnya oleh konsumen dengan didasari oleh pengukuran kualitas website menggunakan webqual 4.0. Pengukuran kualitas web pada webqual 4.0 dilakukan oleh pengguna web tersebut sehingga pengukuran yang dilakukan akan membantu pengelola web untuk menyesuaikan kualitas web sesuai dengan persepsi pengguna. Webqual 4.0 memiliki beberapa variabel yang dapat diukur yaitu kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan. Ketiga variabel yang digunakan pada webqual dapat menjawab permasalahan perusahaan e-commerce dalam menjawab kebutuhan pelanggan terhadap kualitas website yang dikelola perusahaan e-commerce (Barnes dan Vidgen, 2002:114).
Pengukuran kualitas web yang dilakukan oleh konsumen akan membantu perusahaan untuk dapat melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap website untukmeningkatkan pelayanan terhadap konsumennya. Pelayanan  yang dilakukan perusahaan merupakan interaksi antara perusahaan dan konsumen yang dimulai dari web e-commerce tersebut. Jenis e-commerce pada penelitian ini adalah e-commerce business to consument (B2C), sebab jenis ini merupakan jenis e-commerce yang dapat dinilai langsung kualitas website perusahaan bisnis oleh konsumen akhirnya. Perkembangan web e- commerce di Indonesia juga semakin pesat ditandai dengan munculnya web e-commerce besar yang makin dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat seperti Amazon.com dan olx.com. “Indonesia menjadi negaradengan pertumbuhan pasar toko online terbesar di dunia dengan rata-rata sebesar 17% tiap tahunnya (www.bisnisukm.com).
Pertumbuhan tersebut menyebabkan semakin ketatnya persaingan bisnis dengan media website atau toko online. Penelitian ini dilakukan pada salah satu web e- commerce Indonesia yaitu www.Amazon.com. Sebagai toko online buku, koran dan majalah digital yang pertama di Indonesia, Amazon. com memiliki tantangan tersendiri untuk dapat menarik konsumen di tengah persaingan toko-toko online lainnya. Banyak cara untuk menarik konsumen, salah satunya dengan menjaga kualitas website untuk dapat mempertahankan web surfer mencari informasi di dalam website hingga bisa menjadi online buyer pada web tersebut.
Toko online ini sudah cukup dikenal di Indonesia dan kualitas sistem yang terintegrasi di dalamnya sudah tidak diragukan lagi sehingga pengujian hubungan variabel- variabel kualitas web dan keputusan pembelian online dilakukan pada situs ini.

1.2          RUMUSAN MASALAH
1.     Apakah yang Dimaksud Dengan Amazon ?
2.     Bagaimana Strategi yang Digunakan dan Model Bisnis Seperti Apakah Amazon Itu ?
3.     Apakah Masalah Yang Dihadapi Oleh Amazon dan Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalahnya?
4.     Apakah Kekuatan Dan Kelemahan Amazon?
5.     Apakah Amazon Akan Sukses Dalam Jangka Panjang?

1.3          TUJUAN PENELITIAN
1.      Mengetahui Yang Dimaksud Dengan Amazon.
2.      Mengetahui  Strategi Yang Digunakan Dan Model Bisnis Seperti Apakah Amazon Itu.
3.      Mengetahui Masalah Yang Dihadapi Oleh Amazon Dan Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah.
4.      Mengetahui Kekuatan Dan Kelemahan Amazon.

5.      Mengetahui Amazon Akan Sukses Dalam Jangka Panjang.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
3.1          Sejarah Amazon
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja di De Shaw&CO memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri.
Pada mulanya nama dari perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal 5 Juli tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika. Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika Serikat ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat peluang yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan terjadi di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat berkembang pesat.
Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang yang akan dipasarkannya tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan dianggap sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu buku, software komputer, video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima daftar ini akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku secara online pada mulanya. Pada awal penjualan di amazon.com berupa buku ini mengalami perkembangan yang pesat karena ketika itu permintaan buka sangat banyak.

3.2          Pengertian E-commerce
E-commerce didefinisikan sebagai cara untuk menjual dan membeli barang-barang dan jasa melalui jaringan internet dan tidak hanya itu namun mencakup berbagai aspek. e-commerce merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik.Berdasarkan beberapa definisi e-commerce dapat disimpulkan e-commerce adalah kegiatan jual beli barang atau jasa melalui jaringan informasi yang disebut dengan internet. E-commerce dapat dikelompokkan dengan melihat partisipan pada transaksinya yaitu business to consumer, business to business, dan consumer to consumer.
Pada penelitian ini lebih menekankan e-commerce business to consumer (B2C) karena menyangkut kualitas web e- commerce yang dinilai oleh pengguna akhir atau konsumen. “E-commerce business to consumer yaitu semua transaksi ritel dengan pembeli individual contohnya www.amazon.com, www.dagadu.com dan lain-lain”. Transaksi B2C memiliki desain yang berbeda dengan B2B, sebab tidak semua konsumen mempunyai keahlian teknologi informasi, sehingga perusahaan harus mempunyai instruksi yang jelas yang dapat membantu konsumen. Situs B2C memerlukan navigasi yang lebih cepat, petunjuk model keranjang belanja dan penyimpanan profil konsumen yang lebih jelas.
 Pada masa lalu, konsumen bukan pertimbangan penting dalam pelayanan informasi. Namun lama kelamaan akan menjadi sangat penting dan menjadi perhatian utama perusahaan di masa yang akan datang. Perilaku Konsumen OnlinePengertian perilaku konsumen online menurut (2008) adalah perilaku konsumen online adalah “tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan barang secara online, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan”. Berdasarkan definisi tersebut perilakau konsumen online merupakan kegiatan yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi minat untuk membuat keputusan pembelian secara online serti kegiatan pasca melakukan pembelian.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen online adalah karakteristik pribadi yang terdiri dari usia, gender, etnis, pendidikan, gaya hidup, psikologis, pengetahuan, nilai dan kepribadian; karakteristik lingkungan yang terdiri dari sosial, keluarga, komunitas, masyarakat; karakteristik penjual yaitu reputasi merk, stimulus pemasaran seperti pengetahuan tentang produk, kualitas produk, harga, ketersediaan produk, tipe produk dan lain-lain; dan sistem e-commerce yaitu dukungan logistik dan pembayaran seperti pilihan pembayaran, pilihan pengiriman, kondisi barang saat diterima, privasi dan keamanan; fitur website yang terdiri dari navigasi, desain situs, informasi yang up to date, kemudahan penggunaan, presentasi informasi dan akses; serta layanan konsumen seperti email, call center, personalisasi, dan FAQ. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi minat, pembelian dan sikap setelah pembelian pada konsumen online.



BAB III
PEMBAHASAN

3.1          Pengertian Amazon
Amazon.com, Inc. (NASDAQ: AMZN) adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer daring terbesar di dunia. Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik konsumen—termasuk pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire—dan merupakan salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.
Amazon memiliki beberapa situs web ritel untuk Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di Polandia,  Brasil, Belanda dan Swedia.
Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini (dengan nama Cadabra) pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995. Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah satu sungai terbesar di dunia,  yang juga diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Amazon.com berawal sebagai toko buku daring, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.
3.2          Model bussines Amazon
1.         Revenue Model
Amazon.com adalah contoh dari perusahaan yang menggunakan diversified revenue model. Pada awalnya Amazon.com berdasarkan pada sales revenue model. Amazon.com saat ini juga sudah menggunakan advertising revenue model, dimana perusahaan bayar biaya iklan terhadap produk tertentu. Amazon.com sekarang ini juga sudah termasuk dalam subscription revenue model, dimana juga menjual majalah dengan pembayaran dimuka (magazine subscriptions). Amazon.com juga termasuk kedalam affiliate revenue model, dimana partner dari Amazon.com dan perusahaan membuat (produce) berbagai macam produk seperti elektronik dan pakaian, menciptakan penjualan dari produk dan menerima persentase dari penjualan produk tersebut.
Amazon.com juga menggunakan pay-per-view access dimana jika kita tertarik dan meng-klik salah satu barang, Amazon secara otomatis akan men-charge ke perusahaan yang menjual barang tersebut dengan per hitungan per view. Pay-per view access ini berdasarkan pada seberapa banyak orang yang singgah dan melihat barang yang dijual dan biasanya one-time pay-per-view access ini berkisar dari beberapa cent sampai beberapa dollar.
2.         The Major Type of Business
a.      Business-to-Customer (B2C)
Business-to-Consumer (B2C), yaitu transaksi ritel dengan pembeli individual. Amazon.com adalah contoh yang sangat baik untuk B2C dimana Amazon.com adalah retail site dengan menggunakan sales revenue model. Yaitu bagaimana Amazon.com juga mengijinkan perusahaan mengiklankan produk mereka dengan membayar produk-produk yang mereka mau iklan kan. Iklan ini menjadi pendapatan iklan untuk Amazon.com, membuat Amazon.com sebagai bagian dari sales revenue model dan juga bagian dari advertising revenue model. Dengan menggunakan subscription revenue model, perusahaan menyediakan servis kepada konsumennya untuk mendapatkan informasi seperti laporan konsumen (customer reports), surat kabar online (online newspaper), dan majalah online (online magazines).
Dengan menggunakan sales revenue model, perusahaan membuat pendapatan dengan menjual produk, servis ataupun informasi kepada konsumennya. Sales revenue model yang digunakan oleh Amazon.com adalah click-and-clik retailers. Dimana click-and-click retailers adalah perusahaan-perusahaan yang menjual produk mereka lewat website. Amazon.com adalah contoh yang sangat baik dimana perusahaan itu dapat secara spesifik menjual produk mereka lewat internet. Contoh lainnya seperti Toys ‘R’ Us, dimana Toys ‘R’ Us membuat perjanjian dengan Amazon.com untuk menjual produk mereka lewat website Amazon.com.
b.      Business-to-Business(B2B)
Business-to-Business (B2B), meliputi transaksi IOS (Inter Organizational System) dan transaksi pasar elektronik (electronic market transactions) antar organisasi. Tipe-tipe IOS antara lain berupa EDI, extranets, electronic funds transfer, electronic forms, integrated messaging, shared databases, dan supply chain management. Hingga saat ini tipe B2B adalah yang paling dominan dalam praktek e-business.
Pada pertengahan tahun 1990an, teknologi website berkembang menjadi B2B commerce. Dimana banyak perusahaan membuat B2B website commerce mereka. B2B website tidak untuk umum (public), tidak seperti B2C website. Tetapi B2B adalah website yang tersedia (available) untuk pathner bisnis, supplier, juga perusahaan. Karena website ini membantu industri-industri dalam menekan biaya (reduce cost) dalam mengatur pesanan mereka dan juga menggunakan lebih sedikit karyawan dalam menangani konsumen mereka.

Pada Amazon.com saat ini
Rekomendasi
1.   Revenue Model
Menggunakan diversified revenue model seperti :
1.   Dahulu menggunakan:
-               Sales revenue model
2.   Sekarang menggunakan:
-           Advertising revenue model
-           Subscription revenue model
-           Affiliate revenue model
-           Pay-per-view access

-        Adanya cicilan dari kartu kredit tertentu
Misalnya :
Bagi pemegang kartu kredit MASTER atau VISA dapat mencicil dengan bunga yang disepakati.
-        Adanya promo atau diskon dari kartu kredit tertentu.
2.   The Major Types of E-Business
-      B2C
-      B2B

-        C2C
Dimana Amazon.com menyediakan juga bagi costumer yang menjual barang dapat dipasang dalam websitenya seperti handycraft, dll.
3.   Market Place position
-      Reseller

4.   Types of Sell-Side E-commerce
-      Transactional e-commerce site


5.    Commercial model

-       Iklan and commision


6.   Commercial
Agreements

-        Pure market
-      Fixed price
-      Diadakan promo jika ada event khusus dan diskon tertentu, sehingga harganya tidak selalu fixed price.

7. Location

Neutral




3.3          Strategi yg digunakan dalam Amazone
1.         Core Value yang Dipegang Amazon
Perkenalkan sistem pertama yang dipegang oleh Amazon selama bertahun-tahun yaitu Core Value yang merupakan filosofi khusus bagaimana sebuah Amazon memandang pelanggannya baik yang berpotensi maupun yang tidak. Pada strategi bisnis Amazon ini memang sudah dibahas di mana-mana karena sangat berpengaruh terhadap minat pelanggan untuk datang ke Amazon. Filosofi ini juga banyak diterapkan pada beberapa perusahaan retail terkait dan hasilnya sangat memuaskan. Beberapa hal yang termasuk Core Value yang dipegang oleh Amazon sebagai berikut:
2.         Obsesi Pelangan
Seluruh proses dan pelayanan memang ditujukan untuk pelanggan, ada beberapa cara yang dilakukan Amazon seperti memetakan proses, solusi, dan after sales Service yang akan dilakukan jika pelanggan telah membeli barang. Pelayanan ini juga tidak berhenti untuk pelanggan yang membeli saja tetapi berlaku untuk semua orang yang tertarik dengan Amazon.
3.         Inovasi
Beberapa inovasi akan dilakukan sebagai wujud pengembangan suatu usaha. Maka dari itu pada internal Amazon sendiri sering dibahas dan dibuat kompetisi dalam memberikan inovasi terbaik untuk perusahaannya. Inovasi untuk mendapatkan kepuasan pelanggan yang tinggi ditambah dengan pelayanan yang tepat membuatnya sukses bertahan selama bertahun-tahun.
4.         Review Sebelum Bertindak
Wajib dilakukan oleh pekerja Amazon sendiri yang mengharuskan mengenali situasi dan keadaan dahulu sebelum bertindak. Hal ini akan meminimalisir dampak lanjutan pada suatu masalah tersebut. Kondisi awal perlu diketahui dahulu agar apa yang menjadi sumbernya akan terlihat dan mudah diatasi. Cara ini memang strategi bisnis Amazon yang ditiru banyak perusahaan lain juga.
5.         High Hiring Bar
Tidak semua perusahaan yang menerapkan sistem ini karena pada saat mencari pelamar kerja pasti memilih mereka yang kompeten dan ahli di bidangnya. Berbeda dengan Amazon karena memiliki sistem di mana bagian personalianya akan bertanya kepada dirinya sendiri “ apakah saya mengagumi orang ini?akankah saya belajar dari diri sendiri atau orang ini memiliki segalanya untuk melakukan pekerjaannya?” dengan begitu akan menimbulkan niat pada diri personalia untuk lebih mengenali sosok pelamar kerja yang ingin bergabung di tempatnya tersebut.
6.         Strategi Bisnis Amazon Tentang Penghematan
Biasanya ketika suatu perusahaan sudah berada di atas angin maka segala pengeluarannya akan ditolerir. Hal ini justru akan membuat celah suatu perusahaan tersebut akan turun dengan cepat maka dari itu sistem internal di Amazon sendiri mengharuskan karyawannya untuk membeli barang yang dibutuhkan saja sehingga tidak semua barang bisa dibeli. Dengan cara ini dipercaya dapat menekan hal buruk dan bisa bertahan lebih lama jika suatu kondisi memungkinkan untuk survive.
Demikian informasi dari strategi bisnis Amazon yang bisa diterapkan oleh perusahaan lain. Memang pada kenyataannya akan sulit dijalankan dan membutuhkan kepercayaan juga terhadap karyawan yang bersangkutan. Semoga bisa membantu anda dalam menghadapi tantangan persaingan dunia usaha yang baru.
3.4          Masalah yang pernah dihadapi Amazon
Pada permulaan dimulainya usaha Amazon tersebut, jaringan toko buku besar yang telah ada tidak terlalu menaruh perhatian pada Amazon. Akan tetapi, dalam waktu dua tahun, strategi perusahaan toko online Amazon.com seperti memberikan harga diskon, e-mail mengenai ulasan buku secara gratis dan fasilitas pencarian yang mudah telah menarik minat begitu banyak pembeli dan begitu banyak liputan media sehingga para pesaing mulai berjuang untuk membuka toko buku Internet sendiri.
Sukses Amazon.com sempat menurun hingga titik nol di tahun 2001, ketika terjadi “dot-com bubble burst” dimana banyak situs-situs .com menjadi bangkrut. Jeff mengatur ulang strategi bisnis Amazon dengan cara merekrut perusahaan lain untuk menjual barangnya melalui Amazon. Berbagai perusahaan besar seperti Target, Toys R Us, dan Old Navy, setuju untuk menjual produk mereka melalui Amazon. Strategi ini berjalan dengan mulus, dan menjadikan Amazon sebagai toko retailer online terbesar di seluruh jagad maya.
Problem 1:
Sebuah bug password aneh ditemukan pada Amazon, dimana karakter penutup dan semua setelah delapan karakter pertama diabaikan untuk password yang lama. Pembahasan tentang masalah ini dimulai pada Reddit oleh user yang memperhatikan sistem Amazon tersebut akan mengotentikasinya bahkan ketika dia melakukan salah ketik pada akhiran passwordnya. Pada awalnya ini mungkin terdengar seperti masalah keamanan yang serius, tetapi setelah menganalisa implikasi menyadari bahwa dampaknya sangat terbatas. Menganggap remeh Amazon dan kemungkinan perlindungan terhadap Brute Force Attack, untuk menemukan kombinasi yang cocok mungkin membutuhkan banyak waktu, bahkan dengan daftar alamat email yang sudah dimiliki.
Problem 2:
Amazon memiliki pusat penyimpanan komputasi awan (cloud computing) bernama Amazon Web Services (AWS) yang dimanfaatkan oleh situs ternama seperti Reddit, Quora, FourSquare, Hootsuite, New York Times, ProPublica dan 70 situs lain. Sayangnya, pemadaman besar muncul menimbulkan pertanyaan besar soal kedigdayaan AWS.
Dalam keadaan normal, ribuan perusahaan menggunakan AWS untuk mengaktifkan situs mereka memanfaatkan layanan bernama Elastic Compute Cloud (EC2). Daripada membeli server sendiri untuk menggunakan situs mereka, perusahaan cenderung memanfaatkan Amazon untuk mendapatkan fitur yang sama. Amazon mengklaim memiliki kapasitas server yang sempurna dan sangat rumit.
Sayangnya, Amazon gagal memenuhi janji. Beberapa situs terpaksa mengalami kesulitan akses selama 4,4 jam. Bahkan, ada beberapa pihak yang merasakan ‘kesunyian’ selama 36 jam.
3.5          Solusi yang dihadapi Amazon
Solusi  :
Perusahaaan dapat dengan mudah memecahkan masalah dengan memaksa semua user yang terkena dampaknya untuk mengkonfirmasi password mereka dengan mengetik dua kali saat mereka log in dan menggunakan kesempatan itu untuk menghasilkan hash yang benar.
Solusi 2 :
AWS mencoba untuk merestore kembali data klien. Backup data di cloud server secara default adalah per hari = 1 backup data, kecuali kalau klien tersebut mengambil paket istimewa yang bisa sampai 4 kali backup per hari ataupun membuat custom script backup sendiri.

3.6          Produk Yang Digunakan Untuk Kegiatan Bisnis
1)   Amazon Book Surge
Amazon’s BookSurge adalah buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor. BookSurge beroperasi pada April tahun 2005.
2)   Amazon EBS
Amazon Elastis Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan database, sistem file, atau akses ke mentah blok tingkat penyimpanan. Diluncurkan ke publik pada 21 Agustus 2008.
3)   Amazon EC 2
Amazon EC2 ( Elastis Cara Cloud ) berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah. Bersama Amazon’s virtual penyimpanan produk S3, EC2 bekerja sama untuk menyediakan ruang data storage. penyimpanan data. Contohnya adalah Pownce dan Justin.tv yang menggunakan EC2. Disini user hanya membayar sejumlah yang digunakan. Contoh setiap jam adalah $ 0,10 dan tidak ada biaya minimum.
4)   Amazon Elastic Map Reduce
Amazon elastis MapReduce merupakan bagian dari Amazon Web Services (aws). Ini adalah layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analis data, dan pengembang dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data dalam jumlah besar. Menggunakan Amazon Elastic MapReduce pengguna dapat melakukan aplikasi seperti web indexing, data, log file analysis, machine learning,financial, scientific simulations, research and bioinformatics.
5)   Amazon Fresh
Amazon Fresh adalah layanan pengiriman makanan yang pemesanannya dilakukan secara online. Amazon Fresh saat ini sangat berkembang di Seattle, daerah Washington.
6)   Amazon Kindle
Diperkenalkan ke publik pada bulan November 2007 Kindle adalah sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Books, newspapers, Buku, koran, majalah dan blog yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan dalam format eksklusif untuk Kindle.
7)   Amazon Amazon’s Kindle 2
Kindle 2 adalah ponsel ebook reader. Dipublikasikan pada 9 February 2009. Februari 2009. Produk ini menggunakan teknologi nirkabel 3G.
8)   Amazon Kindle DX            
Amazon Kindle DX merupakan versi dari Kindle, yang dirilis pada Mei tahun 2009. DX memiliki ukuran layar lebih besar daripada versi Kindle sebelumnya.
9)   Amazon S3
Amazon S3 (Simple Storage Service) merupakan layanan penyimpanan online untuk perusahaan-perusahaan pengembang. Data dapat disimpan atau diambil melalui antarmuka web sederhana dari komputer mana saja dan dapat dilakukan setiap saat.
10)   Amazon Unbox
Amazon Unbox video adalah layanan video, dan hanya tersedia di Amerika Serikat.
11)   Amazon Video on Demand
Amazon Video on Demand adalah layanan video streaming untuk televisi dan film. Pada peluncuran di bulan Juli tahun 2008, lebih dari 40 000 film dan televisi telah tersedia disini.
12)   Amazon Web Services
Sejak awal tahun 2006, Amazon Web Services (aws) perusahaan telah menyediakan semua ukuran dengan infrastruktur layanan web platform in the cloud. Anda dapat dengan AWS permintaan daya penghitungan, penyimpanan, dan layanan lainnya mendapatkan akses ke yang elastis infrastruktur TI sebagai layanan bisnis Anda tuntutan mereka.
13)  Mechanical Turk
Amazon’s Mechanical Turk adalah sumber keramaian layanan yang memungkinkan para pengembang dan perusahaan untuk mendapatkan orang-orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat melakukan komputer sangat mudah. Amazon’s service market sebagai Artificial Intelligence, karena pengguna dapat menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang mirip dengan sangat sulit untuk melaksanakan/membuat artificially intelligent machines. Manusia masih sangat unggul ke komputer di banyak realms. Mengidentifikasi konteks dalam gambar untuk tag dapat dilakukan dengan cepat oleh manusia, tetapi tidak sama sekali oleh komputer
3.7          Identifikasi Kekuatan Dan Kelemahan Amazon.Com Secara Internal
1.      Bagian pemasaran
Kekuatannya:
·         Amazon.com sudah mempunyai merek yang terkenal dan tepercaya.
·         Strategi pemasaran yang bagus
·         Harga produk yang lebih murah dibandingkan pesaing yang lainnya
Kelemahannya : Pada bagian pemasaran ini tidak terdapat kelemahan
2.      Bagian operasional
Kekuatannya:
·         Situs Website yang memiliki akses yang cepat, design yang menarik dan sangat mudah untuk dioperasikan.
·          Amazon.com memiliki diversivikasi produk sehingga memberikan tambahan pelanggan.
Kelemahannya:
·       Amazon.com ini tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman. 
3.      Bagian Keuangan
Kekuatannya:
Semua pembayaran dilakukan secara transfer (kartu kredit), sehingga perusahaan amazon.com sendiri tidak perlu repot.
Kelemahannya :
Strategi free shipping khusus member akan mempengaruhi posisi keuangan di masa depan.
3.8                Analisis Kekuatan Dan Kelemahan Amazon
Kekuatan :
·            Amazon.com merupakan perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus menghibur.
·            Fungsi seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan yang dapat membantu mendorong penjualan.
·            Amazon merupakan perusahaan online yang telah memiliki nama yang terkenal di seluruh dunia.
·            Pada sepuluh tahun terakhir ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta orang, dan sekarang amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang mencakup elektronik, mainan dan permainan, dan masih banyak lagi.
·            Penggunaan pasar on-line menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barangbarang yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com untuk bersaing dengan para pengecer lainnya.
·            Perhasil membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan kesetiaan kepada merek.
Kelemahan :
·            Amazon.com tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat layanan dan potensi masalah biaya meningkat seperti:transportasi,industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan.
·            Amazon menambahkan kategori baru untuk bisnis, maka risikonya dapat merusak merek
·            Supplier sedikit
·            Resiko inventori-musiman
·            Pelanggaran data rahasisa informasi pelanggan
·            Amazon merupakan toko buku nomor satu. Toy-R merupakan pengecer nomor satu untuk produk mainan dan permainan. Bayangkan jika Toy-R mulai menjual buku. Hal ini akan merancukan dan membahayakan konsumennya dan juga mereknya. Dengan cara yang sama, banyak dari kategori baru, misalnya otomotif, dapat membuktikan terlalu membingungkan bagi pelanggan.
3.9                Kesuksesan Amazon Dalam Jangka Panjang
Amazon merupakan perusahaan terbesar di dunia dan sahamnya bisa naik dua kali lipat setiap tiga tahun sekali.  Mari kita lihat laporan keuangan terakhirnya – mereka mengungkapkan bahwa Amazon menghasilkan pendapatan tahunannya sebesar $ 100 miliar dan hal ini tidak menutup kemungkinan untuk terus tumbuh secara konsisten sebanyak 20%.
Penjualan Amazon pada kuartal pertamanya di tahun 2017 naik sebanyak 41% menjadi $ 724 juta. Pendapatan operasional Amazon di kuartal saat ini saja dimulai dari $ 425 juta sampai $ 1,08 miliar dan untuk penjualan bersihnya mereka mendapatkan $ 35,3 miliar sampai $ 37,8 miliar (analisis perkiraan penjualan proyek sebesar $ 36,9 miliar pada kuartal saat ini), menurut Bloomberg.
Menurut catatan pengamatan saya, yang membuat Amazon menjadi perusahaan terbesar di dunia adalah strategi pertumbuhannya yang disiplin, lima faktor pertumbuhan yang sangat mempengaruhi pertumbuhan pendapatan Amazon:
1.   Pelanggan/Customer
Amazon mulai menjual buku ke konsumennya dan sekarang mereka juga menjual lebih banyak barang – mulai dari film hingga deterjen (ada 300 juta akun pengguna pada bulan Februari 2017).
2.   Geografi
Amazon mulanya didirikan di A.S. dan sekarang telah memiliki kantor di 30 negara – hal ini menunjukkan kepada saya bahwa dari landscape geografi mereka sudah menawarkan potensi pertumbuhan yang signifikan. Dan mereka kini telah menikmati pertumbuhan besarnya di India menurut data yang dipaparkan oleh CNBC.
3.   Produk
Melalui pengembangan dan akuisisi internal, Amazon terus memperluas penawaran produk dan layanannya – dan mereka juga telah berhasil menjual 368,8 juta produk pada Desember 2016.
4.   Kemampuan
Amazon biasa mengoperasikan situs web hingga dapat mengatur gudang logistiknya sendiri – gudang operasi dengan setidaknya memiliki 45.000 robot – untuk memenuhi layanan pesanan cepat dengan harga rendah.
5.   Budaya
Amazon telah menciptakan budaya yang menarik bagi orang-orang yang berbakat dan mendorong mereka untuk menciptakan pengalaman bagi para pelanggannya yang semakin besar.
Ada empat alasan mengapa Amazon merupakan perusahaan terbesar di dunia.
1.   Bezos adalah CEO startup yang mengelola perusahaan publik besar
Bezos merupakan pemimpin dari sekumpulan perusahaan publik besar – termasuk Alphabet, Facebook, dan Netflix – dijalankan oleh pendirinya – yang terus berkembang di lebih dari 20% per tahunnya.
Kekayaan bersih Bezos sebesar $ 78,7 miliar, menurut FORBES, menariknya lagi hanya terpaut $ 9 miliar saja dari aset kekayaan Bill Gates di $ 87,7 miliar pada 28 April.

2.   Layanan Web Amazon secara menguntungkan telah mendominasi industri yang diciptakannya
Amazon Web Services, divisi cloud komputasi, tumbuh sebanyak 42,6% $3,66 miliar dan laporan pendapatan operasionalnya sebesar $ 890 juta – 89% total dari total perusahaan. Margin bersih AWS sebesar 24,3% lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang sebesar 23,5%, menurut MarketWatch.
AWS masih menjadi pemimpin dalam industri yang berkembang pesat yang diciptakannya. Synergy Research melaporkan bahwa pangsa 40% Amazon dari pasar cloud komputasi mengalahkan Microsoft, Google dan IBM.
3.   Amazon Prime
Program loyalitas yang dirancang untuk meningkatkan nilai setiap pelanggan Amazon yang mencakup “diskon pengiriman, musik dan streaming video dan penyimpanan foto yang membuat pembeli tetap terlibat dengan situs web”. Amazon menambahkan audiobook dan podcast ke Prime pada 2016 menurut Fortune.
Pada akhir Maret 2017, 80 juta orang berlangganan Prime – naik sebanyak 36% dari tahun sebelumnya, menurut Consumer Intelligence Research Partners.
4.   Amazon terus bereksperimen untuk menciptakan pertumbuhan
Perusahaan Amazon yang ingin mendapatkan pertumbuhan besar di atas 20% – harus meningkatkan pendapatan setidaknya sebesar $ 27 miliar setiap tahunnya. Itu adalah tugas yang berat.
Sementara pertumbuhan dari AWS dan Amazon Prime pada akhirnya akan melambat, alasan terbesar untuk bertaruh pada Amazon adalah bahwa keberadaan bisnis ini mengalir dari kemauan Bezos untuk bertaruh pada pertumbuhan – dan menerima hasil keuangan triwulanan.
Untuk itu, Amazon berinvestasi dalam “berbagai inisiatif seperti memperluas layanannya ke India dan Australia, mempercepat waktu pengiriman hingga hanya satu jam pada produk tertentu, menambahkan keterampilan dan perangkat baru untuk platform Alexa,” tulis Bloomberg.
“Kami terus mencari hal-hal yang disukai pelanggan, agar dapat tumbuh menjadi besar dan memberikan keuntungan finansial yang kuat dalam jangka panjang dan dapat bertahan selama beberapa dekade,” CFO Brian Olsavsky mengatakan dalam sebuah konferensi lewat panggilan telepon.
Kemampuan Amazon yang terbukti untuk mendapatkan laba atas investasinya dalam pertumbuhan yang disiplin ini adalah alasan terbaik untuk tidak kehilangan kepemilikan sahamnya.



















BAB IV
PENUTUP


A             KESIMPULAN
Dalam hal perspektif dan sudut pandang pelanggan, Amazon memiliki strategi yang sangat berbeda. Amazon menempatkan diri dengan penekanan pada review kustomisasi dan penjualan produk pada pelanggan. Amazon yang berorientasi pada penjualan produk dengan memberikan layanan berupa kustomisasi produk kepada pelanggannya mengakibatkan situs tersebut menyediakan informasi yang sangat banyak dan luas. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan mengalami kelebihan informasi (overloaded information) yang mungkin juga berdampak pada pengunjung yang tidak lagi kembali untuk melakukan pembelian.
Dari sudut pandang pemanfaatan teknologi informasi, ada dua kesimpulan yang dihasilkan dari berbegai analisa dan percobaan sebelumnya. Pertama, dengan melihat dari sejarah awal Amazon, mengakibatkan situs penjualan ini benar-benar terintegrasi di seluruh dunia. Pembukaan infrastruktur sistem informasi Amazon melalui penciptaan Amazon Web Services memungkinkan Amazon untuk menghasilkan ratusan website afiliasi yang pada akhirnya memberikan kontribusi terhadap pendapatan Amazon.
Dengan mengembangkan perangkat lunak CRM- nya, reputasi Amazon meningkat pesat, dan juga faktanya membuat Amazon menjadi lebih dekat kepada calon pelanggannya. Analisa situs terkenal di dunia online yang dilihat dari sisi tujuan dan asal muasal perusahaan menggunakan internet berdampak pada bagaimana suatu aplikasi e-bisnis di desain. Analisa lebih lanjut, dapat dilakukan terhadap situs online sejenis ini juga sesuai dengan negara asalnya sehingga bisa dilihat dan dianalisa karakteristik e-bisnis apakah juga dipengaruhi oleh lokasi dan kebiasaan pengguna di negara tersebut.





DAFTAR PUSTAKA



2 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus
  2. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 24 April 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus

ANALISIS TOKO ONLINE “ JD.ID ”

ANALISIS TOKO ONLINE “ JD.ID ” Dosen Pengampu : Don Haidy Abel,ST,MBA&E, LMP-NLP ...