PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
INTERNET PADA BISNIS ONLINE
STUDI KASUS TOKOPEDIA
Disusun
oleh :
Cipto Tri Wibowo 201610325277
Eka Setianingsih 201610325298
Edo Prasetyo 201610325231
Riski Amalia 201610325271
Putri Wahyu Ningsih 201610325112
Teresia Siagan 201610325338
FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
BEKASI
2018
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,segala puji hanyalah bagi Allah
SWT, Tuhan Pengatur semesta alam,yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Hanya
atas perkenaan,rahmat,dan Karunia-Nya makalah ini dapat di selesaikan. Makalah
ini di susun atas tingginya rasa tanggung jawab penulis terhadap kewajiban.
Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kelemahan dan
kekurangan baik dari segi penyajian maupun materinya. Hal ini disebabkan oleh
terbatasnya kemampuan dan pengetahuan kami. Oleh karena itu penulis sangat
mengharapkan saran dan keritik dari semua pihak yang bersifat membangun untuk
kesempurnaan makalah ini.
Dari lubuk
hati yang paling dalam untuk menyampaikan rasa terimakasih khususnya kepada
yang terhormat Bapak Don Haidy Abel, ST.,MBA&E selaku pemberi materi,yang
telah menjadi bagian dalam penyelesaian proses pembuatan makalah ini. Semoga
Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya.
Bekasi, Mei 2018
Penulis
Kelompok 1
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAAKANG
Teknologi
semakin berkembang dari waktu ke waktu, salah satu teknologi yang berkembang
pesat adalah teknologi internet, dimana dahulunya internet hanya digunakan untuk
keperluan bertukar informasi dan berkomunikasi oleh segelintir atau sekelompok
orang. Berbeda dengan dulu, sekarang semua orang bisa menggunakan internet dan
teknologi internet pada saat ini lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk
berbagai keperluan. Salah satu bidang yang sekarang sedang banyak diminati dan
digeluti oleh masyarakat adalah e-bussines atau bisnis online, bisnis online
banyak diminati karena modal yang kecil dengan keuntungan yang lumayan besar
dan jangkauannya yang luas. Salah satu perusahaan yang melakukan bisnis online
adalah Tokopedia.
Mendengar
nama Tokopedia siapa yang belum tahu nama tersebut saat ini. Terlihat sekilas
Tokopedia layaknya seperti toko-toko online yang lain, tetapi jika ditelusur
lebih dalam Tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di
Indonesia. Sejarah Tokopedia dibangun berawal dari mimpi foundernya yang
percaya dimana suatu saat akan berhasil menembus pasar Indonesia diimbangi
dengan kerja keras mereka.
Tokopedia
merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang memungkinkan
individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko
online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman
berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Tokopedia sendiri menjelaskan di
situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses
verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat
menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli.
Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada
para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan
pembayaran baru selain yang sudah ada ini akan memberikan transaksi online yang
lebih cepat dan mudah.
·
Profil dan Biografi William Tanuwijaya
William
Tanuwijaya ia dikenal sebagai pendiri Tokopedia bersama Leontinus Alpha
Edision. William Tanuwijaya lahir di Kota Pamatang Siantar, Sumatera Utara pada
tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya
tersebut, setelah lulus SMA ia kemudian memberanikan diri untuk berangkat ke
ibukota yaitu Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara
(BINUS) Jakarta. Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk
membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua, ia kemudian bekerja di Warnet
dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.
Setelah
lulus dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak
dibidang pengembangan software komputer. Namun lama kelamaan mulai terbesit ide
dipikiran William Tanuwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana
mimpinya adalah mempunyai perusahaan internet sendiri. Kemudian pada tahun
2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia. Ide William Tanuwijaya
mengenai Tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online
Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli, hingga ia kemudian mulai
terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia
namakan dengan Tokopedia.
·
Munculnya Ide Mengenai Tokopedia
Ia
kemudian mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan
Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan
pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. Untuk membangun Tokopedia
tersebut, William Tanuwijaya membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut,
keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehinga ia menjadi
tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga. Sadar bahwa idenya pasti
berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk
mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan melalui pendanaan untuk startup melalui
perusahaan ventura (pemodal).
William
Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali
idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya.
Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau
e-commerce tempat bertemunya penjual dan
pembeli dari seluruh Indonesia, dimana orang-orang dapat memasarkan
produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalui Tokopedia. Tokopedia juga
menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Sehingga idenya
tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami Indonesia.
Selama
dua tahun, ia bekerja keras terus menerus mencari investor untuk membiayai ide
Tokopedia nya tersebut. Banyak juga yang menganggap bahwa mimpinya terlalu
tinggi. Disinilah modal mengenai kepercayaan menurutnya itu sangat penting
sebab sangat sulit menurutnya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain apalagi
untuk memulai bisnisnya tersebut. Semua ia lakukan dari nol untuk membangun
bisnisnya tersebut.
·
William Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia
Hingga
kemudian usaha William Tanuwijaya selama dua tahun akhirnya membuahkan hasil,
tepatnya pada tahun 2009, pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia milik William
Tanuwijaya resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17
Agustus 2009, Tokopedia resmi diluncurkan ke public setelah mendapatkan suntikan
dana dari para investor dan juga bos ditempat kerjanya. Tokopedia bahkan
mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu
Awards.
Tokopedia
terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun dari para investor,
mengingat perkembangannya sangat baik seperti, East Ventures tahun 2010,
CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun
2013. Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison terus
menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014 Tokopedia mendapatkan kucuran
dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang juga
memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan
Apple dan Instagram. William Tanuwijaya kemudian sekarang ini menjadi CEO
perusahaan Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Hingga
kini Tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha pantang menyerah
William Tanuwijaya dan rekannya
Leontinus Alpha Edision.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang
diatas, kami merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana
cara berbelanja di Tokopedia ?
2. Bagaimana
cara menjual produk di Tokopedia ?
3. Fitur-fitur
apa saja yang tersedia dalam Tokopedia ?
4. Produk-produk
apa saja yang dijual di Tokopedia ?
5. Bagaimana
potensi dan peluang pasar di Tokopedia ?
6. Bagaimana
kondisi lingkungan bisnis Tokopedia ?
7. Bagaimana
analisis persaingan Tokopedia ?
8. Bagaimana
Visi dan Misi Tokopedia ?
9. Penghargaan
apa saja yang telah di dapat Tokopedia ?
10. Apa
Kelebihan dan kekurangan Tokopedia ?
1.3 TUJUAN
Adapun
tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah SIM
dan menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah. Manfaat dari pembuatan
makalah ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan baik penyusun maupun bagi
pembaca tentang Perkembangan Teknologi Internet pada Bisnis Online Studi Kasus
Tokopedia.
BAB 2
KAJIAN TEORI
Kemajuan
di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan
teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami
kesulitan dalam memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas
bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi,
sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan.
Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet.
Penggunaan internet dalam bisnis
berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik
menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti : pemasaran, penjualan,
dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet cenderung menembus berbagai
rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran
konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan
laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importer, dan lembaga
bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran
lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana
konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualannya berada di
luar negri.
Pengguna internet di seluruh dunia
berkisar 200 juta, 67 juta diantaranya berada di Amerika Serikat, internet di
Indonesia berlipat dua kali setiap 100 hari. Penggunaan internet untuk aplikasi
strategi bisnis di Indonesia peluangnya cukup besar, tapi banyak orang tidak
menyadari, karena pemain bisnis di Indonesia masih banyak kalangan tua.
Setiap yang kita ketahui bahwa
internet telah menciptakan revolusi yang sangat tidak terduga dalam dunia
teknologi, informasi maupun komunikasi. Pengertian internet (interconnection
networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan
menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan
jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain
sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek
yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk
keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati
oleh semua kalangan. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat
berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah
melahirkan dunia baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang
berbeda dengan dunia nyata.
2.1 Fungsi atau Manfaat Internet
Dibalik
kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita
peroleh sebagai pengguna internet. Berikut bebrapa fungsi atau manfaat dari
penggunaan internet :
a. Menambah
Wawasan dan Pengetahuan
Dengan
adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai bebagai wawasan dan pengetahuan
dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet
mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran
mereka.
b. Komunikasi
Menjadi Lebih Cepat
Perkembangan
internet yang semakin menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi
sangat mudah dan cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri
sekalipun dengan biaya yang relative murah.
Selain
itu, sudah banyak jejaring sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna
internet untuk berkenalan dan menemukan teman bari di sana. Tidak sedikit juga
dari mereka yang ngobrol atau chatting dengan kerabat mereka menggunakan jejaring
sosial ini.
c.
Mudahnya Belanja di Internet
Dengan
meledaknya penggunaan internet, semakin banyak orang yang tertarik melakukan
belanja online. Saat ini, banyak orang yang lebih suka belanja online karena
sangat mudah dan efisien.
Salah
satu keuntungan dari belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk
membeli item yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau
tidak teratur, belanja online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli
barang tanpa harus menyita banyak waktu.
d.
Internet Sebagai Wahana Hiburan
Internet
juga berperan sebagai “Penghibur” bagi anda yang sedang gelisah atau galau
memikirkan sesuatu. Anda bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial,
mendengarkan musik, menonton video atau main game.
e. Berbagi
Apapun Menjadi Lebih Mudah
Dengan
adanya internet, kita bisa berbagi apapun yang kita punya, seperti pengalaman,
tutorial, resep, dan lain sebagainya melalui akun media sosial atau blog
pribadi. Saat ini banyak orang yang lebih suka menggunakan blog pribadi untuk
berbagi hal yang mereka punya. Terdapat puluhan platform yang bisa anda gunakan
untuk membuat blog gratis, seperti blogger dan wordpress.
f. Pentingnya
Internet Dalam Dunia Bisnis
Ilustrasi
internet untuk bisnis mengingat internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang
termasuk dalam bidang bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan
internet demi meunjang bisnis mereka. Banyak orang yang telah menemukan
berbagai manfaat internet untuk bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis
online dimana peran internet sebagai bisnis utama.
A. Pengertian
Teknologi Informasi
Secara
umum, teknologi adalah suatu pengembangan dari aplikasi atau alat, baik berupa
mesin, material hingga proses yang membantu manusia dalam mengerjakan beberapa pekerjaan
dan menyelesaikan masalah. Sedangkan informasi secara umum adalah hasil dari
proses atau manipulasi yang memiliki nilai pengetahuan bagi para pengguna. Jadi
secara umum teknologi informasi adalah teknologi yang bermanfaat untuk mengolah
data, memproses, menyusun, mengatur, mendapatkan dan menyelesaikan manipulasi
data yang menghasilkan informasi berkualitas dan akurat.
B.Pengertian
Teknologi Informasi Menurut Para Ahli
1) Hagg
dan Keen
Menurut
ahli Hagg dan Keen, Teknologi Informasi adalah sebuah perangkat alat yang mampu
membantu pekerjaan manusia dengan informasi dan melakukan beberapa pekerjaan
yang berhubungan dengan proses informasi.
2)
Martin
Menurut
Martin, Teknologi Informasi tidak hanya sebuah hardware atau software yang
mampu menyimpan dan mengolah data namun juga mengirimkan informasi yang
memiliki esensi komunikasi.
3) William
dan Sawyer
Dua
ahli ini berpendapat bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang
menghubungkan komputer dengan komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi dan memiliki
data dalam bentuk suara, dokumen maupun video.
4) Lucas
Beliau
berpendapat bahwa Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang bisa
diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.
Teknologi
dan Informasi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan di era digital seperti
sekarang ini, dengan memanfaatkan kecanggihan Teknologi Informasi, kita bisa
mengerjakan banyak hal dalam hitungan menit. Teknologi Informasi benar-benar
bisa membantu Anda dalam melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya lebih efektif
dan efisien. Gunakan Teknologi dan Informasi dengan baik dan benar.
BAB 3
PEMBAHASAN
3.1 Cara Berbelanja di Tokopedia
1. Cari
Barang
-
Ketik nama barang yang Anda cari pada kolom pencarian.
-
Atau klik pilihan kategori-kategori yang tersedia pada halaman Tokopedia
2. Masukkan
Ke Keranjang Belanja
Setelah
membuka salah satu produk, Anda akan masuk ke halaman produk. Pada halaman ini,
terdapat informasi lengkap mengenai produk dan toko yang Anda pilih, antara
lain :
Ø Informasi Produk : berisi semua informasi
penting yang berhubungan dengan produk yang sedang Anda lihat.
Ø Ulasan : berisi ulasan produk dari pengguna
Tokopedia yang sudah pernah membeli produk tersebut.
Ø Diskusi Produk : tempat bertanya kepada
penjual mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk yang Anda pilih.
Contohnya bertanya mengenai ketersediaan stok produk.
Ø Informasi Penjual : berisi informasi lengkap
tentang penjual.
Ø Keterangan harga pas dan harga grosir (jika
ada)
Jika
sudah yakin dengan produk yang dipilih, klik tombol “ Beli “
3. Masukkan
Alamat dan Jasa Kirim
Langkah
berikutnya untuk berbelanja online di Tokopedia adalah mengisi formulir
pemesanan. Silahkan mengisi semua formulir yang diperlukan dengan lengkap dan
benar.
Langkah
selanjutnya, klik tombol “ Beli Produk Ini “
Catatan
: jasa pengiriman dapat berbeda antar satu penjual dengan penjual lain di
Tokopedia.
4. Bayar
Untuk
memulai proses pembayaran, klik tombol bergambar keranjang pada header menu,
lalu klik produk yang telah dipilih.
Pilih
metode pembayaran yang ingin digunakan, terdapat beberapa pilihan di Tokopedia,
seperti :
1) Mandiri Clickpay
2) Mandiri e-cash
3) BCA klikpay
4) Transfer antar bank
5) Saldo Tokopedia
Selanjutnya,
klik tombol Checkout.
Catatan
: jika Anda memiliki saldo Tokopedia namun jumlah tidak cukup untuk membayar
total transaksi, Anda tetap bisa membayar sisa pembayaran menggunakan metode
pembayaran lain.
5.Terima
Barang
Setelah
terima barang, harus konfirmasi jika barang sudah kita terima. Kamu juga
disarankan membuat review untuk produk yang habis kamu beli.
3.2 Cara Menjual Produk di Tokopedia
§ Hal pertama yang dilakukan sebelum membuka
toko di situs ini, tentu kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
Untuk Anda yang memiliki akun facebook bisa menggunakan akun facebook untuk
masuk langsung tanpa harus mendaftar isi email. Lalu masuk ke situs
www.tokopedia.com/login.pl
§ Setelah itu pilih pada bagian masuk
menggunakan facebook, setelah memilih masuk menggunakan facebook anda harus
memberi pengaturan aprove dari facebook, agar akun bisa terhubung karena tanpa
memberi perintah hubungkan maka akun tokopedia tidak akan terhubung ke dengan
facebook, sehingga sebelum masuk facebook dari tokopedia anda harus terlebih
dahulu pastikan di browser anda sudah terhubung atau akun facebook di dalam
keadaan log in.
§ Setelah masuk silahkan buat nama toko anda
atau bisa menggunakan nama anda pribadi,semua terserah pribadi masing-masing.
§ Setelah toko telah dibuat sekarang saatnya untuk
jualan, pastikan situs Anda sudah jadi setelah itu masuk produk baru atau masuk
ke url http://www.tokopedia.com/product-add.pl.
3.3 Fitur-Fitur Yang Tersedia di Tokopedia
* Gold Merchant
Banyak
sekali fitur-fitur unggulan yang terdapat di dalamnya dan pastinya akan
menguntungkanmu. Seperti Gold Badge yang muncul di halaman toko dan produk yang
akan menarik perhatian calon pembeli, TopAds yang pastinya akan sangat membantu
kamu untuk promosi, Statistik Toko untuk memantau performa tokomu, 1 Slot Admin
Toko Gratis yang bisa kamu gunakan untuk menambah admin toko. Semua itu bisa
langsung kamu rasakan dengan berlangganan Gold Merchant.
* Free Returns
Fitur
ini memungkinkan pembeli untuk meretur produk secara gratis jika tidak sesuai
atau tidak cocok dengan catatan produk masih dalam kondisi layak dijual. Dengan
memfasilitasi produkmu menggunakan Free Returns ini, tentunya tokomu akan lebih
terlihat terpercaya di mata calon pembeli. Untuk penjual yang ingin menggunakan
fitur ini, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali sampai waktu yang
ditentukan.
* Stock Management
Fitur
ini akan memudahkanmu melihat sisa produk yang ada di toko, sehingga kamu tidak
perlu lagi repot menghitung sisa produk setiap kali ada pesanan masuk. Dan yang
paling penting, fitur ini bisa meminimalisir cancellation rate di tokomu karena
stok produk yang habis akan otomatis masuk ke Stok Kosong, sehingga tidak dapat
dipesan pembeli.
* Mitra Toppers
Mitra
Toppers adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman yang
memudahkan kamu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Tokopedia bekerja sama
dengan beberapa mitra penyedia pinjaman yang bisa kamu pilih seperti : BRI,
UOB, Amar Bank, DBS, Bank Sampoerna, Taralite, hingga Modalku. Modal yang kamu
dapatkan bisa untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis onlinemu, mulai dari
menambah stok dan varian produk, menambah tenaga pekerjaan, sampai mendaftarkan
merek dagang.
* Pre Order
Dengan
menggunakan fitur Pre Order, kamu bisa mendapatkan waktu tambahan untuk
memproses pesanan sampai 30 hari. Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan jika
menerima pesanan dalam jumah banyak. Jadi jika stok pesanan tidak mencukupi,
produk tidak perlu digudangkan, kamu hanya cukup mengubahnya menjadi produk Pre
Order. Dengan begitu, produk tersebut tetap bisa dilihat dan dibeli namun
dengan waktu proses yang lebih lama.
* Instoped
Fitur
yang bisa meng-upload produk langsung ke Instagram, tidak Cuma 1 atau 2 produk
saja bahkan bisa meng-upload hingga 20 produk sekaligus.
* User Manaement
Kamu
bisa menambah beberapa orang (maksimal 10 orang) untuk bantu mengelola tokomu
di Tokopedia. Tambahan admin ini dibagi menjadi 3 antara lain Admin Toko, Admin
Transaksi, dan Admin pesan
3.4 Produk Jasa Yang Dijual
Tokopedia.com
menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi :
Ø Pakaian
Ø Fashion & Aksesories
Ø Kecantikan
Ø Kesehatan
Ø Rumah Tangga
Ø Dapur
Ø Perawatan Bayi
Ø Handphone & Tablet
Ø Laptop & Aksesoris
Ø Komputer & Aksesoris
Ø Elektronik
Ø Kamera, Foto & Vidio
Ø Otomotif
Ø Olahraga
Ø Office & Statinery
Ø Souvenir, Kado & Hadiah
Ø Mainan & Hobi
Ø Makanan & Minuman
Ø Buku
Ø Software
3.5 Potensi Dan Peluang Pasar Di Tokopedia
Seiring
berjalannya waktu, Tokopedia.com pun berhasil merangkak naik menjadi sebuah
perusahaan yang memiliki reputasi sangat baik dimata para investornya dan
kalangan masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya investor yang menjalin
kerja sama dengan Tokopedia.com sejak tahun 2009-2013. Tokopedia.com merupakan
online market place yang menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli.
Sehingga setiap dari mereka yang mengunjungi Tokopedia.com dapat melakukan
transaksi yang aman karena dana pembayaran baru diberikan kepada penjual
setelah pembeli menerima barang dan juga nyaman secara mudah serta juga bebas
biaya. Tokopedia.com memiliki banyak investor besar dari Softbank Internet dan
Sequoia Capital sebesar 100 juta USD setara dengan 1.2 triliun rupiah.
3.6 Kondisi Lingkungan Bisnis Tokopedia
Analisis
matriks SWOT
1.
Strength Threat (kekuatan ancaman)
Adanya
situs online yang mudah diakses oleh pengguna internet, adanya rekening
bersama, memberikan kenyamanan serta keamanan dalam belanja online, menyediakan
pelapak yang terpercaya.
2. Strength
Opportunity (kekuatan peluang)
Selalu
memberikan pelayanan yang aman utuk berbelanja karena dengan akun-akun yang
disediakan oleh Tokopedia.com seperti akun saat pembayaran yang baru diberikan
kepada penjual setelah pembeli menerima barang, menyediakan pelapak yang
memiliki harga miring namun tetap berkualitas agar tidak kalah saing dengan
pesaing.
3.
Weakness Opportunity (kelemahan peluang)
Adanya
fitur untuk pelapak meskipun cukup mahal bisa melakukan proses yang cepat yaitu
1x24 jam dari waktu pemesanan memakai jasa pengiriman yang aman seperti JNE.
4.
Weakness Threat (kelemahan ancaman)
Adanya
hak cipta yang dilindungi oleh hokum jadi meminimalisasi adanya plagiat atau
penipuan.
3.6 Analisis Persaingan Tokopedia
Dalam
persaingan berbisnis harus memiliki kekuatan tersendiri dalam berbisnis.
Dilihat dari kelengkapan mutu, tokopedia.com memiliki mutu dalam berbelanja
online yang maksimal. Karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berbelanja
dan barang yang berkualitas. Untuk harga yang ditawarkan oleh pelapak dalam
tokopedia.com merupakan harga umum yang ada didalam pasaran. Sehingga tidak
menurunkan minat pembeli untuk berbelanja di Tokopedia.com. untuk
memperkenalkan bisnis ini, tokopedia.com memanfaatkan jasa iklan seperti iklan
diberbagai website, Tokopedia.com memilih ambassador untuk bisa lebih
memperkenalkan produknya atau bisnisnya seperti Chealsea Islan yang terpilih
menjadi ambassador dan menayangkan iklan dimedia-media elektronik seperti TV
dan radio, serta adanya aplikasi Tokopedia.com yang tersedia dalam iOS, play
store untuk lebih menambah minat masyarakat dalam berbelanja didalam
Tokopedia.com selalu memberikan hal baru dalam dunia berbisnisnya, seperti
memperbarui tampilan dalam website atau aplikasinya agar tidak kalah menarik
dengan aplikasi milik bisnis online lainnya yang menjadi pesaingnya.
3.7 Visi dan Misi Tokopedia
A. Visi Tokopedia
a. Membangun Indonesia yang lebih baik
lewat internet.
b. Menjadi penyedia sarana transaksi online
yang terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di Indonesia.
B. Misi Tokopedia
a. Menggunakan teknologi dari web dan
internet secara tepat.
b. Memperkuat produk dan layanan dari
Tokopedia baik yang dilakukan secara online maupun offline.
3.8 Penghargaan Yang Telah di Dapat
Tokopedia
a. Tokopedia
berhasil menyabet penghargaan Best Company In Customer Industry dalam ajang
Indonesia Digital Economy.
b. Mendapat penghargaan Campaign terbaik dari
Majalah Marketing.
c.Tokopedia
raih penghargaan Top 50 Most Valuable pada Ajang Indonesian Brands 2016.
3.9 Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia
A. Kelebihan Tokopedia
a.
penampilannya yang ringan dan segar.
b.
Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar.
c. Loading site terhitung ringan, khususnya pada
halaman-halaman toko dan produk.
d.
Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, adanya fitur harga
grosir.
e.
Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import.
f.
Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga
produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang
tersedia.
g.
Transfer dana yang relative cepat dengan rata-rata 2 hingga 3 jam, dan maksimum
mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
h.
Waktu proses pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga
7 hari semenjak invoice masuk.
i.
Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
j.
Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat
untuk penjualan dan optimal toko online milik kita.
B. Kekurangan
Tokopedia
a.
Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami eror.
b.
Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
c.
Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan
yang bermacam-macam.
d.
Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
e.
Sering terjadi perang harga, membandrol produk dengan harga dengan kisaran yang
sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk
laku dengan kisaran harga yang relative tinggi.
f.
Peluang barang lebih banyak lalu pada member Gold Marchant masih tidak optimal.
Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari
member biasa.
g.
Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada
pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara optimal
berkurang.
h.
Tidak memiliki fitur diskon yang terbatas waktu.
BAB 4
KESIMPULAN
Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Tokopedia ini
merupakan bisnis yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam
pelayanan serta fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan
dalam setiap bisnis pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online.
Adanya pesaing merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk
menunjukan kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga,
pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta
keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa
meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan
hal yang sangat penting dalam menembus pasar.
Saran
Adapun
saran yang dapat kami berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang
adalah sebagai berikut :
a. Agar
selalu di percaya oleh pelanggan ataupun calon pembeli maka hendaknya
pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan tepat dalam memberikan informasi
dan layanan yang diberikan.
b. Selain
itu, sebaiknya produk yang di dapat oleh para konsumen sama dengan apa yang
mereka lihat di website.
c. Selalu
memperbanyak event dan promo sehingga para pelanggan tertarik untuk membeli.
DAFTAR PUSTAKA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/tokopedia
https://m.tokopedia.com
http://www.biografiku.com/2015/11/biografi-william-tanuwijaya-pendiri-tokopedia.html
http://genggaminternet.com/pengertian-teknologi-informasi-menurut-para-ahli/
http://yuniaryuni17.blogspot.com/2015/12/pengaruh-teknologi-internet-terhadap.html
Promo Bonus Terbaru Agen Bolavita ! Situs Judi Online Terpercaya Di Indonesia Sejak 2014 !
BalasHapus★ Bonus 10% Deposit Pertama !
★ Bonus Deposit Harian 5%
★ Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
★ Bonus Referral 7% + 2%
★ Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)
★ Bonus Rollingan Mingguan 0.5% + 0.7%
Menyediakan Berbagai Jenis Taruhan Online Uang Asli :
» Taruhan Bola Online ( SBOBET / IBC BET / 368BET / NOVA88 / CBET )
» Casino Live ( Bakarat / Rolet / Dadu / Blacjkack / Dragon Tiger / )
» Sabung Ayam Live ( S128 / SV388 )
» Bola Tangkas
» Togel Online ( HK / SGP / KL )
» Tembak Ikan
» Slot / Ding - Dong ( JACKPOT )
» Poker Online
Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
Link Whatsapp 24 Jam : https://bit.ly/18SZvwy
Link Live Chat : https://bit.ly/2VD8fER