ANALISIS TOKO ONLINE
“ JD.ID ”
Dosen Pengampu : Don Haidy Abel,ST,MBA&E, LMP-NLP
DI SUSUN OLEH KELOMPOK :
1. Candra Wijaya 201610325204
2. Dwiky Rezkianto 201610325313
3. Enggar Achmad P 201610325316
4. Kristina Eka S.R 201610325035
5. Ilham Fauji Bahrul 201610325315
6. Nadia Agustina 201610325190
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA
RAYA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
KOTA BEKASI
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahamat, karunia, serta
taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Studi Kasus
JD.ID. Dan kami juga berterimakasih kepada Bapak Don Haidy Abel,ST,MBA&E, LMP-NLP selaku Dosen mata kuliah
Sistem Informasi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang telah memberikan
tugas ini kepada kami.
Kami sangat
berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta
pengetahuan kita tentang kemajuan Teknologi Informasi pada saat ini. Kami juga
menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh
dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan
usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang,
mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah
sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelumnya kami
mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami
memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di
waktu yang akan datang.
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL...................................................................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................................................
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ....
Bab I LATAR BELAKANG................................................................................................. ....
A.
Profil
dan Biografi Li Qiangdong....................................................................
B. Munculnya Ide Mengenai JD.id.....................................................................
C. Li Qiangdong Mendirikan JD.id..........................................................................
BAB II
PERMASALAHAN...................................................................................................
A. Cara berbelanja di JD.id....................................................................................
B. Cara menjual produk di JD.id.............................................................................
C. Fitur – fitur yang tersedia di JD.id......................................................................
D. Bagaimana potensi dan peluang pasar di JD.id...........................................
E. Bagaimana analisa persaingan JD.id...........................................................
F. Visi dan misi JD.id..............................................................................................
G. Penghargaan yang telah di dapat JD.id........................................................
H. Kelebihan dan kekurangan JD.id..................................................................
Bab iii kajian teori........................................................................................................
A. Perkembangan
teknologi internet pada bisnis online........................................
B. Fungsi dan manfaat internet...............................................................................
C. Pengertian teknologi informasi......................................................................
D. Pengertian teknologi informasi menurut para ahli.........................................
Bab iii kajian teori........................................................................................................
A. Kesimpulan....................................................................................................
B. Saran.............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................
BAB I
LATAR BELAKANG
Teknologi semakin
berkembang dari waktu ke waktu, salah satu teknologi yang berkembang pesat
adalah teknologi internet, dimana dahulunya internet hanya digunakan untuk
keperluan bertukar informasi dan berkomunikasi oleh segelintir atau sekelompok
orang. Berbeda dengan dulu, sekarang semua orang bisa menggunakan internet dan
teknologi internet pada saat ini lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk
berbagai keperluan. Salah satu bidang yang sekarang sedang banyak diminati dan
digeluti oleh masyarakat adalah e-bussines atau bisnis online, bisnis online
banyak diminati karena modal yang kecil dengan keuntungan yang lumayan besar
dan jangkauannya yang luas. Salah satu perusahaan yang melakukan bisnis online
adalah JD.ID.
Mendengar nama
JD.Id siapa yang belum tahu nama tersebut saat ini. Terlihat sekilas JD.Id
layaknya seperti toko-toko online yang lain, tetapi jika ditelusur lebih dalam
Tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di Indonesia.
Sejarah JD.Id dibangun berawal dari Pengalaman
Liu dalam memesan sebuah eskrim di toko online yang menurut nya tidak memuaskan
karena barang tidak sesuai dengan apa yang ia ingin kan
A.
Profil
dan Biografi Richard Liu
Richard Liu
adalah pendiri JD.com, perusahaan online terbesar di China yang melakukan
penjualan yang langsung dikirimkan dari gudang sendiri (direct sales), dan
telah menjadi Chairman dan CEO sejak perusahaan didirikan. Liu memiliki lebih
dari 15 tahun pengalaman di industri ritel dan e-commerce.
Pada bulan Juni
1998, Liu memulai bisnis di Beijing, terutama yang bergerak dibidang distribusi
produk magneto-optik. Pada Januari 2004, Liu meluncurkan situs ritel online
pertamanya. Ia mendirikan perusahaan yang akhirnya menjadi JD.com dan ia juga
yang memimpin pertumbuhan dan perkembangan perusahaan sejak saat itu. Liu
meraih gelar sarjana sosiologi dari Renmin University of China di Beijing dan
gelar EMBA dari China Europe International Business School.
Di Indonesia,
JD.com bermitra dengan Provident Capital mendirikan JD.ID. Provident Capital
adalah perusahaan investasi terbesar di Asia Tenggara dengan kapitalisasi pasar
sebesar lebih dari 3 miliar USD yang tersebar di berbagai industri seperti:
Telekomunikasi, Tambang, Sawit, Perkebunan, Energi (Biofuel) dan e-commerce.
B.
Munculnya
Ide Mengenai JD.id
Suatu hal yang
luar biasa bila rapat pimpinan perusahaan besar sampai dihadiri oleh salah satu
pelanggannya. Bahkan rapat tersebut sampai harus terlambat dimulai karena sang
pelanggan ternyata datang untuk mengeluhkan layanan kurang memuaskan yang
dialaminya.Padahal masalah yang dikeluhkan oleh pelanggan tersebut tergolong
sepele. Dia memesan es krim yang dijual secara online oleh perusahaan tersebut
dan ketika es krim tiba, kekhawatirannya terbukti karena es krim tersebut sudah
sedikit meleleh.Agenda rapat tersebut kemudian berubah menjadi pembahasan
tentang cara pengiriman es krim yang tepat agar saat tiba ke pelanggan, es krim
tersebut masih beku dan dengan demikian tidak mengecewakan sang pelanggan.Cerita
di atas bukanlah cerita fiksi karena benar-benar terjadi pada rapat eksekutif
perusahaan JD.com, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.Dan siapakah
pelanggan yang sampai berani beraninya mengganggu rapat petinggi JD.com? yang
pastinya tertutup bagi mereka yang tidak berkepentingan.Ternyata orang tersebut
tak lain dan tak bukan adalah Liu Qiangdong alias Richard Liu, Pendiri
sekaligus CEO JD.com.Bagaimana ceritanya hingga Liu bisa menjadi pelanggan di
perusahaan miliknya sendiri? Ternyata Liu memiliki prinsip bahwa untuk
mengontrol kualitas layanan perusahaan, dia harus menjadi pelanggan bagi
perusahaannya sendiri, bahkan pelanggan setia. Dalam sebuah wawancara kepada
Forbes Asia, Liu menyatakan bahwa sebagai seorang CEO perusahaan e-commerce
yang selalu mengatakan bahwa pelanggan harus diutamakan, terlebih dahulu Anda
harus menjadi pelanggan paling setia dan merasakan sendiri bagaimana layanan perusahaan
Anda dari waktu ke waktu. "Jika tidak, bisa jadi nilai-nilai perusahaan
hanya akan dianggap slogan kosong dalam bentuk kata mutiara yang digantung di
dinding," ujarnya. Bagi Liu, kejadian di atas sebenarnya bukanlah hal yang
luar biasa karena setiap hari dia selalu menyempatkan diri untuk memesan satu
atau dua item barang dari toko online miliknya sendiri untuk memeriksa
kelayakan pengirimannya.Dalam rapat perusahaan yang akhirnya membahas tentang
pengiriman es krim tersebut, Liu mengatakan kepada jajaran pimpinan JD.com
bahwa dia akan menunda perluasan bisnis kelontong di JD.com sampai masalah
pengiriman benar-benar teratasi. Khusus untuk masalah pengiriman es krim
tersebut, akhirnya diputuskan bahwa JD.com akan menambahkan ice pack Iebih
banyak Iagi ke dalam container untuk menjaga suhu tetap rendah. Manajer
strategi perusahaan, Laura Xiong (yang baru saja bergabung dengan JD.com
beberapa bulan sebelumnya setelah 23 tahun bekerja di Procter & Gamble)
mengaku sangat terkejut dengan “ulah” boss barunya itu. "Dia adalah
seorang yang sangat perfeksionis dan begitu memperhatikan hal-hal kecil,”
imbuhnya memuji Liu Qiangdong.
C.
Li
Qiangdong Mendirikan JD.id
Pada tahun 1998,
tepatnya di bulan juni, Liu memutuskan untuk membuka usaha sendiri yang
dinamainya Jingdong. Lokasinya adalah di Zhongguancun High-tech Industrial
Park, Beijing. Bentuk usahanya adalah distributor alat-alat optik-magnetik.Kali
ini usahanya cukup berhasil. Terbukti, hingga tahun 2003, Liu berhasil membuka
dua belas cabang di berbagai daerah. Namun lagi-lagi ujian menerpa usaha Liu.
Pada tahun 2003, penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome atau Sindrom
Pernapasan Akut Berat) mewabah di China dan menyebabkan banyak orang tidak bisa
bekerja, entah karena dirawat di rumah sakit atau karena terpaksa bertahan di
rumah supaya tidak tertular.Namun Liu tidak menyerah dan terus memikirkan jalan
keluar bagi kelangsungan usahanya. Akhirnya dia memutuskan untuk mengganti
model bisnisnya yang masih konvensional ke model bisnis online. Di tahun 2004,
toko online-nya mulai beroperasi. Pada akhir tahun yang sama, secara resmi
berdirilah JD.com. Huruf JD pada nama domain JD.com merupakan singkatan dari
JingDong. Pada tahun 2005, Liu menutup seluruh toko fisik yang masih
dimilikinya dan benar-benar berfokus ke bisnis e-commerce. Jingdong berkembang
cukup pesat hingga menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di China.
Pada bulan Januari 2014, Liu mendaftarkannya untuk go public. Saat IPO JD.com
pada tanggal 22 Mei 2014, nilai sahamnya meroket sebesar lima belas
peesen.Keteguhan hati Liu untuk "memanjakan" konsumen, sebagaimana
telah disinggung di awal tulisan ini, ternyata memakan ongkos yang cukup mahal.
Untuk kota-kota besar, Liu bahkan menjanjikan barang yang dibeli akan
dikirimkan pada hari yang sama jika pemesanan dilakukan sebelum pukul 11.00.
Itu berarti Liu harus banyak berinvestasi pada pembuatan gudang yang besar
serta jumlah kurir yang banyak. Akibatnya, pada tahun pertama setelah IPO,
JD.com belum mendapatkan keuntungan, justru mengalami kerugian hingga $1,4
miliar dan nilai sahamnya anjlok sebesar dua puluh persen.Namun Liu berhasil
meyakinkan para investor bahwa badai akan segera berlalu dan JD.com pasti akan
segera menjadi perusahaan yang menguntungkan. Keyakinan Liu ternyata terbukti
karena pelan tapi pasti kinerja keuangan JD.com makin membaik dan kini telah
menjadi salah satu yang terbesar di Tiongkok, bersaing ketat dengan rivalnya
Alibaba. Dalam beberapa aspek, JD.com malahan menjadi favorit pelanggannya
berkat kebijakan yang dicanangkan oleh Liu. Setelah makin mantap di negeri
sendiri, JD.com kini mulai melebarkan sayap ke beberapa negara, termasuk di
antaranya Indonesia melalui situs dengan domain JD.id.
BAB II
PERMASLAHAN
D.
Bagaimana
potensi dan peluang pasar di JD.ID
JD.ID menggarap pasar Indonesia,
yang merupakan pasar terbesar keduanya setelah Cina, dengan fokus menjaga
keaslian produk di platform e-commerce mereka. Pembangunan gudang di kota-kota besar yang strategis,
seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, juga dilakukan demi memangkas biaya dan
waktu pengiriman barang ke konsumen. Ke depannya, JD.ID hendak bekerja
sama dengan berbagai pihak untuk mengintegrasikan berbagai layanan selain e-commerce dalam
platform mereka. Salah satunya adalah pemesanan tiket pesawat yang telah
terjalin dengan Traveloka.
Ada dua e-commerce raksasa di Cina
yang terus bersaing untuk memperebutkan pasar dan keuntungan selama 2017,
yaitu Alibaba dan JD.
Kompetisi kedua perusahaan tersebut tak hanya berlangsung di negara asal
mereka, namun telah menyebar ke negara lain, termasuk Indonesia.
Di tanah air, Alibaba telah menghadirkan situs AliExpress sejak
beberapa tahun lalu. Tak cukup dengan itu, perusahaan yang didirikan
oleh Jack Ma tersebut pun telah mengakuisisi Lazada di tahun 2016 dan berinvestasi pada Tokopedia di tahun 2017 ini
demi memperkuat pengaruh mereka. Kedua startup tersebut
kini telah berstatus Unicorn (mempunyai valuasi di atas US$1 miliar), serta mempunyai
basis pelanggan yang sangat besar di Indonesia.
JD.ID
menjalankan dua model bisnis yang berbeda. Sebagian besar produk yang mereka jual, sekitar sembilan
puluh persen, merupakan produk yang mereka miliki sendiri (business-to-consumer/B2C).
Sisanya merupakan produk yang dimiliki oleh para merchant yang bekerja
sama dengan mereka (marketplace/C2C).
Konsep ini serupa dengan yang dijalankan oleh Lazada.
“Kepercayaan”
merupakan hal yang terus diulang-ulang oleh Li dalam wawancara dengan saya
siang hari itu. Hal ini seperti menegaskan bahwa mereka memang benar-benar
fokus mengejar misi tersebut. Model bisnis B2C merupakan sesuatu yang mereka
rasa tepat.
Dengan
menjual barang yang mereka miliki sendiri tentu akan lebih mudah bagi
JD.ID untuk melakukan kurasi, serta menjaga kualitas barang di platform mereka.
Namun di sisi lain, model bisnis tersebut membuat jumlah produk yang mereka
miliki cenderung lebih sedikit dibanding marketplace seperti Tokopedia atau Shopee.
Sejalan
dengan misi itu, sejak awal September 2017 JD.ID pun meluncurkan kampanye yang
bertajuk #DijaminOri. Hal ini berbeda
dengan e-commercelain yang cenderung menonjolkan
potongan harga atau potongan ongkos kirim.
E.
Bagaimana
analisis persaingan JD.ID
Persaingan
antara merk bisa terjadi semua struktur pasar produksi. Biasanya perusahaan
tidak bersaing langsung dengan semua perusahaan dalam industri. Karenanya harus
dilakukan idntifikasi perusahaan mana yang merupakan persaingan utama.
Pengevakuasian
straregi,kekuatan,kelemahan dan rencana para pesaing juga merupakan aspek kunci
nanalisa situasi. Evaluasi ini penting untuk identifikasi pesaing yang sudah
ada dan potensial. Cranves (2000) menyatakan bahwa analisa pesaing meliputi
pendefinisian arena pesaingan,penganalisian grub strategis, penggambaran dan
pengevaluasian setiap psaing utama untuk menunjukan kekuatan dan kelemahan
pesaing.
Pesaing JD.id, cenderung mengambil jalan berbeda.
Mereka lebih memilih untuk membuat entitas lokal bernama JD.ID sejak November 2015 dibanding
berinvestasi kepada startup lain. Untuk melakukan hal tersebut,
mereka bekerja sama dengan perusahaan investasi tanah air, Provident Capital.
JD memang sempat dikabarkan akan memberi investasi kepada
Tokopedia. Namun justru Alibaba, pesaing besar mereka, yang mendapat kesempatan
tersebut. Mereka akhirnya fokus pada pengembangan JD.ID, yang saat ini menurut
mereka terus tumbuh dengan cepat.
“Pendapatan (revenue) kami di
bulan November 2017 kemarin bahkan bisa menyamai pendapatan kami sepanjang
tahun 2016. Daily Active Users (DAU) kami naik 10 kali lipat dibanding tahun
lalu. Saya tidak bisa menyebutkan secara pasti berapa total transaksi yang
kami layani di tahun 2017, namun jumlahnya mencapai beberapa juta transaksi,”
ujar Presiden Direktur JD.ID Zhang Li.
Sebagai informasi, yang dimaksud JD.ID
dengan pendapatan (revenue) adalah total nilai transaksi dari
barang-barang yang mereka jual sendiri, di luar barang-barang yang dijual oleh
para merchant.
H. Kelebihan
dan kekurangan JD.ID
1. Kelebihan
a) Free shipping
Ya, free shipping adalah magnet yang kuat buat para shopper ketika memutuskan untuk berbelanja. Apalagi yang berada di daerah seperti saya. Yang ongkos kirimnya hampir sama bahkan lebih mahal dari harga barang yang dibeli. Walau JD.id bukan satu-satunya ecommerce yang membebaskan ongkos kirim kepada pembelinya, tetep aja pilihan JD.id sebagai pemain baru di Indonesia adalah pilihan bijak.
Ya, free shipping adalah magnet yang kuat buat para shopper ketika memutuskan untuk berbelanja. Apalagi yang berada di daerah seperti saya. Yang ongkos kirimnya hampir sama bahkan lebih mahal dari harga barang yang dibeli. Walau JD.id bukan satu-satunya ecommerce yang membebaskan ongkos kirim kepada pembelinya, tetep aja pilihan JD.id sebagai pemain baru di Indonesia adalah pilihan bijak.
b) Customer Service
Seperti yang saya tuliskan di atas. Saya pernah punya pengalaman buruk dengan salah satu ecommerce baru. Salah satunya karena pelayanan buruk Customer Servicenya. Bisa dibilang CS adalah ujung tombak perusahaan untuk memberikan solusi dan jawaban ketika customer mempunyai masalah. Sejauh pengalaman saya dengan CS JD.id mereka cukup responsif dengan pertanyaan-pertanyaan saya di twitter ataupun facebook. Dalam 24 Jam direspon dengan baik.
Seperti yang saya tuliskan di atas. Saya pernah punya pengalaman buruk dengan salah satu ecommerce baru. Salah satunya karena pelayanan buruk Customer Servicenya. Bisa dibilang CS adalah ujung tombak perusahaan untuk memberikan solusi dan jawaban ketika customer mempunyai masalah. Sejauh pengalaman saya dengan CS JD.id mereka cukup responsif dengan pertanyaan-pertanyaan saya di twitter ataupun facebook. Dalam 24 Jam direspon dengan baik.
c) Aplikasi
Dengan adanya aplikasi untuk smartphone, ini memudahkan pelanggan untuk berbelanja. Tidak perlu ribet harus buka web browser yang kadang size webnya suka gak matching dengan ukuran layar smartphone.
Dengan adanya aplikasi untuk smartphone, ini memudahkan pelanggan untuk berbelanja. Tidak perlu ribet harus buka web browser yang kadang size webnya suka gak matching dengan ukuran layar smartphone.
7.
Kekurangannya
a)
Konfirmasi Pembayaran
Konfirmasi pembayaran via Email ataupun twitter saat ini bukanlah pilihan baik. Tokopedia atau Bukalapak aja ada form konfirmasi pembayarannya. Saya telusuri help di web JD.id di sana disebutkan ada form konfirmasi pembayaran, nyatanya tidak ada. Walaupun respon mereka ketika konfirmasi pembayaran via email cukup cepat, tetap aja kurang gitu.
Konfirmasi pembayaran via Email ataupun twitter saat ini bukanlah pilihan baik. Tokopedia atau Bukalapak aja ada form konfirmasi pembayarannya. Saya telusuri help di web JD.id di sana disebutkan ada form konfirmasi pembayaran, nyatanya tidak ada. Walaupun respon mereka ketika konfirmasi pembayaran via email cukup cepat, tetap aja kurang gitu.
b)
Air Ways Bill / Resi
Sama dengan konfirmasi pembayaran, idealnya ketika selesai konfirmasi pembayaran dan pesanan telah diproses oleh kurir customer bisa mendapatkan resi yang bisa digunakan untuk tracking pesanan. Iya, nomor order bisa dipakai untuk tracking. Tapi kalau pelanggan baru gimana kasian kan bingung kalau gak rajin cek timeline JD.id.
Sama dengan konfirmasi pembayaran, idealnya ketika selesai konfirmasi pembayaran dan pesanan telah diproses oleh kurir customer bisa mendapatkan resi yang bisa digunakan untuk tracking pesanan. Iya, nomor order bisa dipakai untuk tracking. Tapi kalau pelanggan baru gimana kasian kan bingung kalau gak rajin cek timeline JD.id.
c)
Dukungan Kurir /
Ekspedisi
Mungkin perlu digunakan ekspedisi lainnya kali ya. Kasian customer di daerahnya gak ada rpx atau j-express kaya saya ini. Kiriman saya sempet stuck beberapa hari sebelum diterima. Mungkin dengan menggunakan ekspedisi yang agennya telah tersebar di Indonesia, pengiriman bisa jadi lebih cepat.
Mungkin perlu digunakan ekspedisi lainnya kali ya. Kasian customer di daerahnya gak ada rpx atau j-express kaya saya ini. Kiriman saya sempet stuck beberapa hari sebelum diterima. Mungkin dengan menggunakan ekspedisi yang agennya telah tersebar di Indonesia, pengiriman bisa jadi lebih cepat.
d)
Status Pesanan
Ini mah bisa-bisa saya aja. Fyi, dalam status pesanan saya baik di web JD.id ataupun di web RPX pesanan saya masih dalam pengiriman. Mungkin karena di sini kurirnya beda kali ya, jadi update data terbaru agak lama.
Ini mah bisa-bisa saya aja. Fyi, dalam status pesanan saya baik di web JD.id ataupun di web RPX pesanan saya masih dalam pengiriman. Mungkin karena di sini kurirnya beda kali ya, jadi update data terbaru agak lama.
BAB III
KAJIAN TEORI
Kemajuan di bidang teknologi,
komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan
internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh
informasi apapun untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung
dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring
untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad
informasi menjadi abad internet.
Penggunaan internet dalam bisnis
berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik
menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti : pemasaran, penjualan,
dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet cenderung menembus berbagai
rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran
konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan
laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importer, dan lembaga
bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran
lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana
konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualannya berada di
luar negri.
Pengguna internet di seluruh dunia
berkisar 200 juta, 67 juta diantaranya berada di Amerika Serikat, internet di
Indonesia berlipat dua kali setiap 100 hari. Penggunaan internet untuk aplikasi
strategi bisnis di Indonesia peluangnya cukup besar, tapi banyak orang tidak
menyadari, karena pemain bisnis di Indonesia masih banyak kalangan tua.
Setiap yang kita ketahui bahwa
internet telah menciptakan revolusi yang sangat tidak terduga dalam dunia
teknologi, informasi maupun komunikasi. Pengertian internet (interconnection
networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan
menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan
jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain
sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek
yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk
keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati
oleh semua kalangan. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat
berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah
melahirkan dunia baru yang
memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.
Fungsi atau Manfaat Internet
Dibalik kemudahan dalam
mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh sebagai
pengguna internet. Berikut bebrapa fungsi atau manfaat dari penggunaan internet
:
a. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Dengan adanya internet, kita
jadi lebih tahu mengenai bebagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang
dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam
mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka.
b. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
Perkembangan internet yang
semakin menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan
cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri sekalipun dengan
biaya yang relative murah.
Selain itu, sudah banyak
jejaring sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna internet untuk
berkenalan dan menemukan teman bari di sana. Tidak sedikit juga dari mereka
yang ngobrol atau chatting dengan kerabat mereka menggunakan jejaring sosial
ini.
c. Mudahnya Belanja di Internet
Dengan meledaknya penggunaan
internet, semakin banyak orang yang tertarik melakukan belanja online. Saat
ini, banyak orang yang lebih suka belanja online karena sangat mudah dan
efisien.
Salah satu keuntungan dari
belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli item yang
kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur,
belanja online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa harus
menyita banyak waktu.
d. Internet Sebagai Wahana Hiburan
Internet juga berperan
sebagai “Penghibur” bagi anda yang sedang gelisah atau galau memikirkan
sesuatu. Anda bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial,
mendengarkan musik, menonton video atau main game.
e. Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
Dengan adanya internet, kita
bisa berbagi apapun yang kita punya, seperti pengalaman, tutorial, resep, dan
lain sebagainya melalui akun media sosial atau blog pribadi. Saat ini banyak
orang yang lebih suka menggunakan blog pribadi untuk berbagi hal yang mereka
punya. Terdapat puluhan platform yang bisa anda gunakan untuk membuat blog
gratis, seperti blogger dan wordpress.
f. Pentingnya Internet Dalam Dunia Bisnis
Ilustrasi internet untuk
bisnis mengingat internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang termasuk dalam
bidang bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan internet demi
meunjang bisnis mereka. Banyak orang yang telah menemukan berbagai manfaat
internet untuk bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis online dimana
peran internet sebagai bisnis utama.
Pengertian Teknologi
Informasi
Secara umum, teknologi adalah
suatu pengembangan dari aplikasi atau alat, baik berupa mesin, material hingga
proses yang membantu manusia dalam mengerjakan beberapa pekerjaan dan
menyelesaikan masalah. Sedangkan informasi secara umum adalah hasil dari proses
atau manipulasi yang memiliki nilai pengetahuan bagi para pengguna. Jadi secara
umum teknologi informasi adalah teknologi yang bermanfaat untuk mengolah data,
memproses, menyusun, mengatur, mendapatkan dan menyelesaikan manipulasi data
yang menghasilkan informasi berkualitas dan akurat.
Pengertian Teknologi
Informasi Menurut Para Ahli
1) Hagg dan Keen
Menurut ahli Hagg dan Keen,
Teknologi Informasi adalah sebuah perangkat alat yang mampu membantu pekerjaan
manusia dengan informasi dan melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan
dengan proses informasi.
2) Martin
Menurut Martin, Teknologi
Informasi tidak hanya sebuah hardware atau software yang mampu menyimpan dan
mengolah data namun juga mengirimkan informasi yang memiliki esensi komunikasi.
3) William dan Sawyer
Dua ahli ini berpendapat
bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang menghubungkan komputer dengan
komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi dan memiliki data dalam bentuk suara,
dokumen maupun video.
4) Lucas
Beliau berpendapat bahwa
Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang bisa diterapkan untuk
mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.
Teknologi dan Informasi
memiliki banyak manfaat untuk kehidupan di era digital seperti sekarang ini,
dengan memanfaatkan kecanggihan Teknologi Informasi, kita bisa mengerjakan
banyak hal dalam hitungan menit. Teknologi Informasi benar-benar bisa membantu
Anda dalam melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya lebih efektif dan efisien.
Gunakan Teknologi dan Informasi dengan baik dan benar.
BAB IV
A.
Cara Berbelanja di Jd.id
1.
Dowload
dan Buka Apikasi Jd.id
Mengunduh
dan memansang aplikasi JD.id . Kamu bisa mendapatkan aplikasi jual beli online
yang satu ini secara gratis melalui Apple App Store dan juga google play store
. Atau jika tidak menggunakan aplikasi , kamu juga bisa menggunakan web browser
untuk membuka situs resmi JD.id dan dowload aplikasinya.
2.
Daftar
Dan Masuk Akun
Jika
sebelumnya kamu sudah memiliki akun JD.id kamu bisa langsung masuk dengan
menekan tombol login atau masuk dibagian atas halaman.Jika belum punya,kamu
harus daftar terlebih dahulu untuk membuat akun caranya klik,”DAFTAR” lalu isi dengan lengkap
beberapa kolom sesuai dengan data yang diminta. Jika sudah selesai klik opsi “DAFTAR” Lalu kode “SMS”. Patikan nomor
kamu dalam kondisi aktif karena Jd.id akan mengirimkan pesan berisi kode sms ke
nomor yang kamu masukkan . Setelah menerima sms dari Jd.id, masukkan kode sms
tersebut ke kolom di samping kode sms.
3.
Cari
Produk
Setelah
berhasil masuk, kamu bisa mencari produk yang kamu inginkan. Di Jd.id ini tentu
tersedia berbagai macam produk yang berbeda-beda sehingga kamu bisa memanfaatkan
kolom “Search” yang tersedia di kolom
atas menu. Masukkan kata kunci dari produk yang kamu cari maka sistem akan
otomatis mencari beberapa barang yang terkait dengan kata kunci yang kamu
masukkan. Setelah ketemu,klik pada gambar untuk memunculkan info dan detail
dari produk tersebut.
4.
Tap
Beli Sekarang
Kemudian
jika sudah yakin dengan barang yang kamu beli. Cara belanja online di Jd.id
dengan mudah selanjutnya adalah menekan “TOMBOL BELI SEKARANG”. Untuk melakukan
pemesanan barang yang kamu inginkan tersebut. Dan jika kamu masih ingin mencari
barang lainnya di Jd.id , kamu hanya perlu menekan tombol “Masukkan Ke Trolli”
5.
Konfirmasi
pembelian
Setelah selesai berbelanja, cek kembali list
belanjaan kamu. Dan konfirmasi barang pembelian jika sudah yakin. Hal ini
dilakukan untuk memastikan status pembelian kamu karena jika sudah di
konfirmasi , kamu akan dipandu menuju halaman pembayaran
1.
Isi
Dan Konfirmasi Alamat Tujuan Pengiriman
Sampai di halaman pembayaran
, kamu kana diminta mengisi beberapa informasi yang di butuhkan terkait
pengiriman. Isilah data yang benar dan lengkap terutama nama dan alamat tujuan
pengiriman. Setelah selesai cek kembali informasi yang kamu masukkan dan
pastikan sudah benar seluruhnya.
2.
Metode
Pembayaran
Setelah itu kamu kana di beri
beberapa pilihan metode pembayaran yang ingin kamu gunakan. Metode tersebut
diantaranya adalah COD atau Cash On Delivery yaitu pembayarannya bisa kamu
lakukan saat barang yang kamu beli sudah sampai di alamat tujuan. Pembayaran
ini bisa dilakukan secara tunai , emnggunakan kartu debit atau kartu kredit.
Kemudian pilihan metode pembayaran selanjutnya adalah Online Payment Bank
Transfer yang bisa dilakukan melalui ATM,Mobile Banking, Internet Banking.
Selain itu kamu bisa menggunakan kartu kredit yang berlogo Visa atau MasterCard
dan juga cicilan melalui bank mandiri atau bank BCA selama 3,6 hingga 12tahun.
3.
Klik
Bayar Sekarang
Cara belanja online di Jd.id
selanjutnya adalah menekan tombol “Bayar Sekarang” dan kemudian akan muncul jendela yang berisi
konfirmasi pesanan barang. Setelahny apilihan metode pembayaran akan otomatis
muncul , lalu pilihlah metode yang sesuai dengan kartu atau rekening yang kamu
punya . Setelah itu lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang muncul di
layar.
4.
Konfirmasi
Pembayaran
Setelah melakukan pembayaran
, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Konfirmasi ini bisa
dilakukan dengan mengirim email ke cs@jd.id atau melalui telephone ke
(021)6330202. Jika kamu memilih metode COD , kamu tidak perlu melakukan
konfirmasi ini.
5.
Menunggu
Kiriman Barang
Proses pengiriman akan segera
di lakukan setelah tim jd.id memvalidasi konfirmasi pembayaran yng kamu
kirimkan menggunakan jasa kurir. Untuk itu kamu tinggal menunggu atau
mengecek resi dan lokasi barang kamu
hingga barang kamu sampai di rumah.
B.
Cara Menjual Produk Di Akun Jd.id
1.
Masukkan Nama Akun
2.
Masukkan kata sandi
3.
Masukkan ulang kata sandi
4.
Masukkan Nomor telephon
5.
Tulis alamat email
6.
Masukkan Nomor Kartu Tanda Penduduk
7.
Masukkan Nomor Pokok Wajib Pajak
8.
Masukkan Nama Toko
9.
Masukkan Type Dan Kategori toko
Dengan otomatis
kamu akan bisa memiliki akun untuk berjualan di Jd.id
C.
Fitur-Fitur Yang tersedia di Jd.id
Seluruh konten termasuk di dalam atau yang dibuat
tersedia melalui Layanan JD.ID apapun, termasuk namun tidak terbatas pada teks,
grafik, logo, ikon, gambar, audio klip, unduhan digital, kompilasi data, dan
software adalah milik dari JD.ID dan penyedia konten dan dilindungi oleh Hukum
dan Undang-Undang Hak Cipta Indonesia dan/atau Internasional yang terkait.
Kompilasi dari seluruh konten yang ada di dalam dan dibuat tersedia
melalui Layanan JD.ID apapun adalah milik eksklusif JD.ID dan dilindungi oleh
Hukum dan Undang-Undang Hak Cipta Indonesia dan/atau Internasional yang
terkait.
Syarat dan Ketentuan
Umum
Selamat datang di JD.ID (PT. Jingdong Indonesia
Pertama) dan/atau afiliasinya (“JD.ID”) menyediakan fitur situs web dan produk
serta layanan lainnya. Saat Anda mengunjungi atau berbelanja di
JD.ID,menggunakan produk atau layanan JD.ID, menggunakan applikasi mobile
JD.ID, atau menggunakan software yang disediakan JD.ID berhubungan dengan
bagian diatas (secara kolektif “Layanan JD.ID”). JD.ID menyediakan Layanan
JD.ID dengan mengikuti syarat dan ketentuan berikut.
Dengan menggunakan Layanan JD.ID, Anda
setuju untuk mengikuti syarat dan ketentuan ini. Silahkan membaca syarat dan
ketentuan ini secara seksama.
Kami menawarkan Layanan JD.ID secara luas, syarat dan
ketentuan tambahan dapat berlaku. Ketika Anda menggunakan Layanan JD.ID
(sebagai contoh Profil Anda, Kupon, JD.ID Instant Video, Rak Media Anda, atau
aplikasi mobile JD.ID) Anda juga akan mengikuti pedoman, syarat dan ketentuan,
serta persetujuan terkait dengan Layanan JD.ID (“Ketentuan Layanan”).
Apabila Syarat dan Ketentuan umum ini tidak
sesuai dengan Ketentuan Layanan, maka Ketentuan Layanan itulah yang
berlaku.
Kebijakan Privasi
Mohon membaca Kebijakan Privasi (lihat Lampiran 1),
yang mengatur Anda di dalam menggunakan Layanan JD.ID ini
Komunikasi Elektronik
Ketika Anda menggunakan apapun Layanan JD.ID,atau
mengirimkan e-mail, pesan teks, dan komunikasi lainnya dari komputer atau
perangkat mobile kepada kami, Anda telah berkomunikasi dengan kami secara
elektronik. Anda setuju untuk menerima komunikasi dari kami secara elektronik.
Kami berkomunikasi dengan variasi cara, seperti melalui e-mail, pesan teks,
notifikasi dalam aplikasi, atau dengan mempublikasikan pemberitahuan dan pesan
di dalam situs ini atau melalui Layanan JD.ID lainnya, seperti Message Center.
Anda setuju dengan seluruh persetujuan, pemberitahuan, penjelasan, dan
komunikasi lainnya yang kami sediakan kepada Anda secara elektronik telah
memenuhi persyaratan hukum yang berhubungan dengan komunikasi tertulis.
Hak Cipta/Copyright
Seluruh konten termasuk di dalam atau yang dibuat
tersedia melalui Layanan JD.ID apapun, termasuk namun tidak terbatas pada teks,
grafik, logo, ikon, gambar, audioklip, unduhan digital, kompilasi data, dan
software adalah milik dari JD.ID dan penyedia konten dan dilindungi oleh Hukum dan
Undang-Undang Hak Cipta Indonesia dan/atau Internasional yang terkait.
Kompilasi dari seluruh konten yang ada di dalam dan dibuat tersedia
melalui Layanan JD.ID apapun adalah milik eksklusif JD.ID dan dilindungi oleh
Hukum dan Undang-Undang Hak Cipta Indonesia dan/atau Internasional yang
terkait.
Merek/Trademark
Grafik, logo, judul halaman, ikon, skrip, dan nama
layanan di dalam atau dibuat tersedia melalui Layanan JD.ID apapun adalah
merekdagang atau trade mark dari JD.ID di Indonesia dan negara lainnya.
Hakdagang dan trade dress JD.ID tidak dapat digunakan berhubungan denganproduk
atau layanan apapun yang bukan merupakan milik JD.ID, dengan cara apapunyang
mungkin menyebabkan kebingungan diantara pelanggan, atau dengan caraapapun yang
meremehkan atau mendiskreditkan JD.ID. Hak dagang lainnya yang tidak dimiliki
JD.ID yang muncul di dalam Layanan JD.ID adalah milik dari masing-masing
pemiliknya, yang mungkin atau tidak berafiliasi dengan, berhubungan dengan,
atau disponsori oleh JD.ID.
Paten
Satu atau lebih paten yang dimiliki oleh JD.ID berlaku
untuk Layanan JD.ID dan untuk fitur dan layanan yang dapat diakses melalui
Layanan JD.ID. Porsi dari Layanan JD.ID beroperasi dibawah lisensi darisatu
atau lebih paten.
Lisensi dan Akses
Dengan tunduk dan menjalankan syarat dan ketentuan ini
dan pembayaran Anda atas biaya yang diwajibkan, JD.ID dan penyedia konten
memberikan kepada Anda lisensi yang terbatas, non-eksklusif, tidak dapat
dipindahtangankan, dan tidak dapat disublisensikan untuk mengakses dan
menggunakan Layanan JD.ID untuk keperluan yang bersifat pribadi dan
non-komersial. Lisensi ini tidak termasuk penjualan kembali atau penggunaan
komersial dari Layanan JD.ID, atau kontennya, bentuk pengumpulan apapun dan
penggunaan dari daftar, deskripsi, atau harga dari produk, atau bentuk
penggunaan turunan dari Layanan JD.ID atau kontennya, pengunduhan,
penyalinan,atau penggunaan dari informasi akun untuk keuntungan dari pihak
ketiga, penggunaan data mining, robot, dan pengumpulan data dan perangkat
ekstraksi sejenis. Semua hak yang tidak diberikan kepada Anda dalam syarat dan
ketentuan ini dicadangkan dan disimpan oleh JD.ID atau pemberi ijinnya,
penyedia, penerbit, pemegang saham, atau penyedia konten lainnya.
Tidak ada Layanan JD.ID atau bagian apapun dari
Layanan JD.ID yang diperbolehkan untuk direproduksi, diduplikasi, disalin,
dijual, dijual kembali, dikunjungi, atau hal lainnya untuk dieksploitasi dengan
tujuan komersial tanpa adanya persetujuan tertulis dari JD.ID. Anda tidak
diperbolehkan untuk melakukan framing atau menggunakan teknik framing untuk
menyamai trademark, logo, atau kepemilikan informasi lainnya (termasuk gambar,
teks, tampilan halaman, atau bentuk) dari JD.ID tanpa adanya persetujuan
tertulis. Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan meta tags atau “hidden
text” untuk menggunakan nama JD.ID atau hak dagangnya tanpa adanya persetujuan
tertulis dari JD.ID. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan Layanan
JD.ID. Anda diperbolehkan menggunakan Layanan JD.ID sesuai dengan yang
diizinkan oleh hukum. Lisensi yang diberikan oleh JD.ID dapat dihentikan
apabila Anda gagal untuk tunduk dan menjalankan syarat dan ketentuan ini.
Akun Anda
Apabila Anda menggunakan Layanan JD.ID, Anda
bertanggung jawab di dalam menjaga kerahasiaan dari akun dan kata sandi Anda
dan membatasi akses komputer Anda, dan Anda setuju untuk menerima seluruh
tanggung jawab atas aktifitas dibawah akun atau kata sandi Anda. JD.ID
melakukan penjualan produk untuk anak-anak, namun penjualan ini ditujukan
kepada orang dewasa, yang dapat membeli dengan menggunakan kartu kredit atau
jenis pembayaran lainnya yang diperbolehkan. Apabila Anda berusia di bawah 18
tahun, Anda hanya diperbolehkan menggunakan Layanan JD.ID hanya dengan
pengawasan dari orang tua atau wali.
Ulasan, Komentar, Komunikasi, dan Konten
Lainnya
Pengunjung diperbolehkan untuk mempublikasikan ulasan,
komentar, foto, video, dan konten lainnya; mengirimkan e-cards dan komunikasi
lainnya; dan memberikan sugesti, ide, komentar, pertanyaan, atau informasi
lainnya, selama konten tidak illegal, pornografi, mengancam, fitnah, menyerang
privasi, melanggar hak kekayaan intelektual (termasuk hak publikasi), atau hal
lainnya yang merugikan dan memberatkan pihak ketiga, dan tidak mengandung
software virus, kampanye politis, ajakan komersial, pesan berantai, mass
mailing, atau bentuk spam lainnya atau bentuk pesan yang tidak diinginkan lainnya.
Anda tidak diperbolehkan menggunakan alamat email palsu, mengaku sebagai orang
atau entitas lain, atau menyesatkan terkait dengan informasi kartu atau konten
lainnya. JD.ID memiliki hak namun tidak berkewajiban untuk menghapus atau
mengedit konten tersebut, namun tidak melakukan ulasan atas konten yang
dipublikasikan secara berkala.
Apabila Anda mempublikasikan konten atau mengirimkan
materi, dan kecuali Anda menyatakan sebaliknya, Anda memberikan hak
non-eksklusif, bebas royalti, berkelanjutan, tidak dapat dibatalkan, dan secara
penuh kepada JD.ID untuk menggunakan, reproduksi, memodifikasi, mengadaptasi,
mempublikasikan, mentranslasi, dan membuat pekerjaan turunan, mendistribusikan,
dan memperlihatkan konten tersebut ke seluruh dunia dengan media apapun. Anda
memberikan kepada JD.ID dan sublisensinya hak untuk menggunakan nama yang Anda
gunakan dalam mengirimkan konten tersebut. Anda merepresentasikan dan
menjamin bahwa Anda memiliki kontrol dan hak dari konten yang ada publikasikan;
keakuratan dari konten; dan penggunaan konten yang Anda sediakan tidak
melanggar kebijakan ini dan tidak akan merugikan orang atau entitas manapun;
dan Anda akan menanggung kerugian atas klaim yang mungkin terjadi atas
publikasi konten yang Anda sediakan. JD.ID berhak namun tidak berkewajiban
untuk mengawasi dan mengedit atau menghapus aktifitas atau konten apapun. JD.ID
tidak memiliki tanggung jawab dan mengasumsikan tidak memiliki kewajiban atas
konten yang Anda atau pihak ketiga publikasikan.
Risiko kehilangan
Seluruh barang yang dibeli dari JD.ID dibuat
berdasarkan kontrak pengiriman. Dengan kata lain, seluruh risiko atas
kehilangan dan titel kepemilikan atas barang tersebut sudah dipindahkan kepada
Anda ketika barang sudah diterima.
Pengembalian Barang, Pengembalian Dana
dan Titel
JD.ID tidak mengambil titel dan bertanggung jawab atas
barang yang dikembalikan hingga sampai di pusat pemenuhan (fulfillment center)
kami. Berdasarkan kebijakan kami, pengembalian dana dapat dilakukan tanpa
dibutuhkannya pengembalian barang. Dalam situasi ini, JD.ID tidak mengambil
titel dari barang yang dikembalikan dananya. Untuk informasi terkait dengan
pengembalian barang dan pengembalian dana, silahkan melihat kebijakan
pengembalian barang dan pengembalian dana.
Deskripsi Produk
JD.ID akan berusaha untuk dapat menjadi seakurat
mungkin. Namun, JD.ID tidak menjamin bahwa deksripsi produk dan konten lainnya
dari Layanan JD.ID adalah akurat, lengkap, dapat diandalkan, terkini, atau
bebas dari kesalahan. Bila produk barang yang ditawarkan oleh JD.ID sendiri
tidak seperti yang dideskripsikan, satu-satunya acara untuk mengembalikan
barang adalah dengan mengembalikannya dalam keadaan belum terpakai.
Harga
Selain disebutkan di bagian lain, Daftar Harga atau
sugesti Harga yang kami perlihatkan untuk produk di dalam Layanan JD.ID
merepresentasikan keseluruhan harga eceran penuh dari produk itu sendiri,
disugestikan oleh pabrik atau penyedia, atau diestimasikan berdasarkan praktek
standar industri; atau nilai eceran estimasi untuk barang-barang yang dapat
dibandingkan dengan penawaran di tempat lain. Daftar Harga atau Sugesti Harga
adalah harga estimasi komparatif dan mungkin atau tidak mungkin
merepresentasikan harga yang sama yang ditawarkan di setiap area atau
dihari/waktu yang berbeda. Untuk beberapa barang yang ditawarkan dalam satu
set, Daftar Harga atau Sugesti Harga dapat merepresentasikan harga
“open-stock”, yang berarti agregat dari estimasi produsen atau harga eceran
yang disugestikan untuk setiap barang sudah termasuk di dalam set. Ketika barang
ditawarkan untuk penjualan oleh salah satu dari penjual kami, Daftar Harga atau
Sugesti Harga dapat disediakan oleh penjual itu sendiri.
Sehubungan dengan barang yang dijual oleh JD.ID,
konsumen tidak dapat mengkonfirmasi harga sebuah barang sampai saat melakukan
pemesanan. Meskipun dengan usaha maksimal yang kami berikan, sebagian kecil
dari barang di dalam katalog kami mungkin terdapat kesalahan harga. Apabila
harga yang dari barang yang dijual oleh JD.ID yang sebenarnya lebih tinggi dari
harga yang tertera, kami, atas kebijaksanaan kami, akan menghubungi Anda untuk
instruksi sebelum pengiriman dilakukan atau melakukan pembatalan dan
memberitahu Anda atas pembatalan tersebut. Penjual lainnya dapat menggunakan
kebijakan yang berbeda atas kejadian kesalahan harga.
Secara umum kami tidak melakukan penagihan pada kartu
kredit konsumen sampai pemesanan telah terbentuk, atau untuk produk digital,
sampai produk digital tersebut telah tersedia untuk Anda.
Izin Aplikasi
Ketika Anda menggunakan aplikasi yang dibuat oleh
JD.ID, Anda akan memberikan beberapa hak akses kepada kami pada perangkat Anda.
Kebanyakan dari perangkat mobile menyediakan informasi terkait dengan hak akses
ini.
Syarat software JD.ID
Menambahkan Syarat dan Ketentuan umum ini, syarat software
(lihat Lampiran 2) dijalankan untuk software manapun (termasuk pembaruan dari
software dan dokumentasi terkait) yang kami buat tersedia bagi Anda dari waktu
ke waktu untuk kegunaan Anda terkait dengan Layanan JD.ID (“JD.ID Software”)
Bisnis lainnya
Pihak lainnya selain JD.ID yang mengoperasikan toko,
menyediakan jasa dan layanan atau menjual lini produk melalui Layanan JD.ID.
Sebagai tambahan, kami menyediakan link ke situs-situs perusahaan afiliasi dan
beberapa bisnis lainnya. Kami tidak bertanggung jawab dalam memeriksa atau
mengevaluasi, dan kami tidak menjamin penawaran dari bisnis atau individu atau
konten dari situs web tersebut. JD.ID tidak mengasumsikan pertanggung jawaban
atau kewajiban atas tindakan, produk, dan konten dari semuanya itu dan pihak
ketiga lainnya. Silahkan membaca syarat dan ketentuan mereka secara seksama.
Penolakan Jaminan dan Pembatasan
Tanggung Jawab
Layanan JD.ID dan seluruh informasi, konten, materi,
produk (termasuk software) dan layanan lainnya yang termasuk didalam atau
dibuat tersedia melalui Layanan JD.ID disediakan oleh JD.ID dalam basis “apa
adanya” dan “sebagaimana tersedia”, kecuali disebutkan lain secara tertulis.
JD.ID tidak membuat pernyataan atau jaminan apapun, tersurat maupun tersirat,
atas operasi dari Layanan JD.ID, atau informasi, konten, materi, produk
(termasuk software) atau layanan lainnya termasuk di dalam atau dibuat tersedia
melalui Layanan JD.ID, kecuali disebutkan lain secara tertulis. Anda dengan
tegas setuju bahwa penggunaan layanan JD.ID merupakan risiko Anda.
Sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, JD.ID
menolak semua penjaminan baik tersurat maupun tersirat, termasuk namuntidak
terbatas pada, jaminan tersirat penjualan dan kesesuaian untuk tujuan tertentu.
JD.ID tidak menjamin bahwa Layanan JD.ID, informasi, konten, materi,produk
(termasuk software) atau layanan lainnya termasuk dalam atau dibuat tersedia
kepada Anda melalui layanan JD.ID, server JD.ID atau komunikasi elektronik yang
dikirim dari JD.ID bebas dari virus atau komponen berbahaya lainnya. JD.ID
tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan apapun yang timbul dari penggunaan
Layanan JD.ID, atau dari informasi, konten, materi, produk (termasuk software)
atau layanan lainnya yang termasuk di dalam atau dibuat tersedia kepada Anda
melalui Layanan JD.ID, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian langsung,
tidak langsung, incidental, sebab-akibat, atau yang lainnya kecuali disebutkan
lain secara tertulis.
Beberapa ketentuan hukum Indonesia tidak
memperbolehkan pembatasan penjaminan tersirat atau pengecualian atau pembatasan
dari beberapa kerugian. Apabila hukum ini berlaku untuk Anda, beberapa atau
seluruh pelepasan tanggung jawab, pengecualian atau pembatasan mungkin
tidakberlaku untuk Anda, dan Anda mungkin akan memiliki hak tambahan.
Perselisihan
Perselisihan apapun atau klaim berkaitan dengan
penggunaan Anda atas Layanan JD.ID, atau produk atau layanan yang dijual atau
didistribusikan oleh JD.ID atau melalui JD.ID.id akan direferensikan dan
diselesaikan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Hukum yang Berlaku
Dengan menggunakan Layanan JD.ID apapun, Anda setuju
bahwa Hukum Republik Indonesia akan mengatur syarat dan ketentuan ini dan
perselisihan apapun yang mungkin muncul di antara Anda dengan JD.ID.
Kebijakan, modifikasi, dan keterpisahan
situs
Silahkan mengulas dan membaca kebijakan lainnya yang
kami publikasikan di situs ini. Kebijakan ini akan mengatur bagaimana Anda
menggunakan Layanan JD.ID. Kami berhak untuk membuat perubahan pada situs,
kebijakan, syarat layanan, dan syarat dan ketentuan ini sewaktu-waktu. Jika
suatu saat ada ketentuan pada Syarat & Ketentuan ini yang menjadi tidak
valid, hilang, atau atas alasan alasan apapun tidak dapat dijalankan, kondisi
tersebut dianggap dipisahkan dan tidak akan mempengaruhi validitas dan
keberlakukan dari kondisi yang ada.
Alamat Kami
PT. Jingdong Indonesia Pertama
RDTX Tower, Jl.Prof.Dr Satrio Kav E-IV No 6
Mega Kuningan, Jakarta Selatan, 12950
Phone: 021 80681005
Email: cs@jd.id
Lampiran 1 - Kebijakan Privasi
Apabila kami melakukan perubahan padakebijakan privasi
ini, kami akan mempublikasikan versi terbaru di situs webkami. Mohon mengulas
dan menkaji kebijakan ini dari waktu ke waktu.
Pengenalan
Kebijakan privasi ini menjelaskan bagaimanakami
mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan menjaga informasi pribadi Anda.
Keamanan dari informasi pribadi Anda adalah hal yang paling penting. Kami
berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan semua informasi pribadi yang Anda telah
berikat kepada kami dan kami akan mengambil semua tindakan pencegahan yang
wajar untuk melindungi informasi pribadi Anda dari penggunaan yang tidak sah.
Dengan menggunakan dan mengakses situs web ini, Anda setuju atas semua hal yang
dijelaskan di dalam kebijakan ini.
Pengumpulan Informasi Pribadi
Kami mengumpulkan informasi mengenai Anda ketika Anda
melakukan kunjungan ke situs web kami dan menggunakan layanan kami.Ketika Anda
memberikan informasi tersebut kepada kami, Anda setuju untuk mentransfer dan
menyimpan informasi tersebut di dalam server yang kami kumpulkan, termasuk
diantaranya:
- Apa yang Anda sediakan untuk kami diantaranya :
nama, alamat, detail kontak, informasi pembelian, informasi penagihan,
komunikasi email, ulasan produk, dan informasi pribadi lainnya yang dijelaskan
ketika menggunakan situs web dan layanan kami.
- Informasi Otomatis – ketika Anda mengunjungi situs
web, menjalankan cookies di dalam browser Anda memungkinkan kami untuk
mengumpulkan informasi mengenai Anda.Informasi teknis ini dan lainnya yang
dikumpulkan ini akan digunakan untuk mengidentifikasi Anda dan membuat
pengalaman online yang lebihdipribadikan. Cookies harus dijalankan untuk
melengkapi pesanan dan melihat fitur lain di dalam situs kami.
- Informasi dari sumber pihak ketiga lainnya.
Kegunaan dan Pengungkapan dari Informasi
Pribadi
Informasi pribadi yang kami kumpulkan dari Anda akan
digunakan dan diungkapkan hanya untuk menyediakan barang dan jasa kepada Anda,
atau untuk menjalankan bisnis kami. Tipe dari informasi pribadi yang mungkin
kami gunakan dan ungkapkan termasuk :
- Menyediakan jasa kepada Anda secara internal
- Berkomunikasi dengan Anda
- Alasan hukum
Ada beberapa situasi dimana akan
dibutuhkan secara hukum untuk memberikan informasi pribadi
- Eksternal
Kami mungkin akan memberikan informasi Anda kepada
pihak ketiga yang berhubungan dengan kami untuk menjalankan layanan atas nama
kami, sebagai contoh, membagikan informasi logistik: pemenuhan dan pengiriman
paket, penerimaan paket, memungkinkan akses ke situs-situs afiliasi bisnis,
dst. Namun, kami tidak akan menjual atau meminjamkan informasi Anda kepada
pihak ketiga kecuali kami meminta izin kepada Anda terlebih dahulu
- Retensi Data
Kami akan menjaga dan menahan informasi Anda selama
akun ada masih aktif atau kami masih berkewajiban untuk memberikan layanan
kepada Anda. Kami juga akan menjaga data Anda sesuai dengan kepatuhan kami akan
tanggung jawab hukum.
Kami akan meminta persetujuan Anda sebelum melepaskan
informasi mengenai Anda kepada pihak ketiga di luar yang kami sebutkan di atas.
Keamanan dan Perlindungan Informasi
Pribadi Anda
Situs web kami dijaga dan dienkripsi menggunakan
teknologi SSL (Secure Socket Layer). Kami mengambil beberapa langkah di dalam
melindungi informasi pribadi Anda di dalam fasilitas kami untuk melindungi
informasi pribadi Anda dari akses dan penggunaan yang tidak sah. Sementara kami
menggunakan standar industri untuk melindungi informasi pribadi Anda , kami
tidak dapat menjamin keamanan yang lengkap atas informasi pribadi Anda. Kami
juga akan melindungi informasi pribadi Anda dengan menggunakan kontrol atas
kata sandi yang kami minta untuk dijaga kerahasiaannya. Kami tidak akan pernah
meminta kata sandi Anda, dan Anda dapat menggantinya kapan saja dibawah “Akun
Saya”.
Anak-anak dan Privasi
Situs web kami tidak ditargetkan atau ditujukan untuk
menarik anak-anak dibawah usia 18 tahun. Kami tidak mengetahui bahwa kami
mengumpulkan informasi pribadi dari anak-anak di bawah usia 18 tahun atau
meminta mereka untuk mengirimkan informasi pribadi. Apabila Anda di bawah usia
18 tahun, Anda diwajibkan untuk menggunakan situs web kami dibawah pengawasan
orang tua atau wali.
Situs Pihak Ketiga
Situs web kami berisi link ke situs-situs yang
dioperasikan oleh perusahaan lain. Kami tidak akan membagikan informasi pribadi
dengan situs-situs tersebut (kecuali kami telah meminta izin dari Anda seperti
yang disebutkan di atas) dan kami tidak bertanggung jawab atas praktek
kebijakan privasi mereka.
Kami menyarankan Anda untuk mengecek kebijakan
aplikasi yang dijalankan oleh situs web pihak ketiga untuk menentukan bagaimana
mereka akan menangani informasi yang dikumpulkan dari Anda.
Transisi bisnis
Di dalam situasi ketika kami di dalam transisi bisnis,
seperti merger, akuisisi oleh perusahaan lain, atau penjualan dari sebagian
asset, informasi pribadi Anda mungkin ada diantara asset yang ditransfer. Anda
akan diberitahu melalui pemberitahuan yang jelas di situs web kami selama 30
hari apabila terjadi perubahan kontrol atau kepemilikan atas informasi pribadi
Anda.
Lampiran 2 - Syarat Software
1.
Penggunaan Software JD.ID. Anda diperbolehkan untuk menggunakan Software
JD.ID untuk tujuan yang memampukan Anda untuk menggunakan dan menikmati Layanan
JD.ID sesuai yang disediakan oleh JD.ID, dan seperti yang diizinkan sesuai
dengan syarat dan ketentuan, syarat Software dan syarat layanan ini. Anda
tidak diperbolehkan menggabungkan bagian mana pun dari software JD.ID ke dalam
program Anda atau menyatukan bagian manapun dan dikombinasikan dengan program
Anda sendiri, mengirimkan untuk layanan lainnya, atau menjual, menyewakan,
lease, meminjamkan, mendistribusikan atau mensublisensikan software JD.ID atau
mengalihkan hak dari software JD.ID secara keseluruhan atau sebagian. Anda
tidak diperbolehkan menggunakan software JD.ID untuk tujuan illegal apapun. Anda
dan JD.ID setuju untuk mengesampingkan ketentuan yang diatur di dalam pasal
1266KUHPerdata Indonesia, karena itu kami dapat berhenti memberikan software
JD.ID dan kami dapat menghentikan hak Anda untuk menggunakan software JD.ID
sewaktu-waktu tanpa diperlukannya persetujuan dari Anda dan/atau pengadilan
atau instistusi lainnya di Republik Indonesia. Hak Anda untuk menggunakan
software JD.ID akan secara otomatis dihentikan tanpa ada peringatan
apabila Anda gagal untuk tunduk dan mengikuti ketentuan ini. Tambahan syarat
pihak ketiga termasuk di dalam atau didistribusikan dengan software JD.ID yang
secara spesifik diidentifikasikan di dokumentasi terkait dokumentasi akan
dijalankan di dalam software JD.ID tersebut (atau software yang
tergabungdi dalam software JD.ID) dan akan mengatur penggunaan software di
dalam situasi konflik terhadap syarat dan ketentuan ini. Semua software yang
digunakan didalam Layanan JD.ID adalah property dari JD.ID atau penyedia
softwarenya dan dilindungi oleh hak milik kekayaan intelektual Indonesia
dan/atau Internasional.
2.
Kegunaan dari layanan pihak ketiga. Ketika Anda menggunakan software JD.ID,
Anda juga mungkin menggunakan layanan dari satu atau lebih pihak ketiga,
seperti wireless carrier atau penyedia platform mobile. Penggunaan Anda
terhadap layanan pihak ketiga tersebut akan menggunakan kebijakan, syarat dan
ketentuan, dan biaya yang didasarkan atas pihak ketiga tersebut.
3.
Reverse Engineering tidak diperbolehkan. Anda tidak diperbolehkan dan tidak
diperkenankan untuk mendorong, membantu, atau mengotorisasi orang lain untuk
menyalin, memodifikasi, reverse engineer, menguraikan, atau membongkar atau
mengutak-atik Software JD.ID baik secara keseluruhan maupun sebagian, atau
pekerjaan turunan dari software JD.ID.
4.
Pembaruan. Untuk menjaga software JD.ID tetap terbaru, kami memberikan
pilihan pembaruan otomatis atau manual kapan pun dan tanpa pemberitahuan
sebelumnya.
5.
Regulasi ekspor; Pengguna Akhir Pemerintah. Anda harus mematuhi semua
batasan dan regulasi ekspor dan ekspor ulang dari Kementerian Perdagangan,
Kementerian Keuangan, dan otoritas lainnya di Republik Indonesia yang
berhubungan dengan software JD.ID.
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan
diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Jd.id ini merupakan bisnis
yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam pelayanan serta
fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan dalam setiap bisnis
pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online. Adanya pesaing
merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk menunjukan
kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga,
pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta
keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa
meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan
hal yang sangat penting dalam menembus pasar.
B.
Saran
Adapun saran yang dapat kami
berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang adalah sebagai berikut
:
1.
Agar
selalu di percaya oleh pelanggan ataupun calon pembeli maka hendaknya
pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan tepat dalam memberikan informasi
dan layanan yang diberikan.
2.
Selain
itu, sebaiknya produk yang di dapat oleh para konsumen sama dengan apa yang
mereka lihat di website.
3.
Selalu
memperbanyak event dan promo sehingga para pelanggan tertarik untuk membeli.
DAFTAR PUSTAKA
Thanks for sharing this information with us. For online shopping in Indonesia use JD.ID Kupons
BalasHapusTerima kasih, sangat bermanfaat. sukses terus yaaa^^
BalasHapusThanks ya brmanfaat
BalasHapusNama saya ny. Margaretha Asmara, dari Desa Sungai Bulan RT014/RW08 Sungai Raya Sungai Bulan, Ambon di Indonesia, Saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media untuk mengingatkan semua orang untuk mencari pinjaman untuk berhati-hati dengan penipu karena mereka ada di mana-mana.
BalasHapusPemberi kesaksian: Margaretha Asmara
dari Ambon di Indonesia
Jumlah Pinjaman A: $40,000
REKENING BCA
margarethaasmaran@gmail.com
Whatsapp saya: +6285964126496
Bulan lalu, saya menderita kerugian finansial, dan karena kebutuhan saya akan modal usaha, putus asa dan kemiskinan, saya ditipu oleh rentenir online palsu. Saya tidak menyerah dan teman saya Zulaikha Yugesh melalui email zulaikhayugesh@gmail.com dan Elok Cahyono dengan email elokycahyono@gmail.com yang memberi tahu saya bagaimana mereka melihat kesaksian online tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON asli dan merujuk saya ke kreditur bernama Ibu RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan saya pinjaman sebesar $40,000 dalam waktu 2 jam setelah perusahaan pinjaman meminta data dan foto ktp saya dan tanpa penundaan. .
Setelah 2 jam saya mengkonfirmasinya dari rekening bank BCA saya dan petugas mengkonfirmasi pinjaman saya 2 jam setelah saya mendaftar.
Saya mendorong rekan-rekan warga yang membutuhkan pinjaman untuk mendaftar dan menghubungi Ibu Rika Anderson melalui email:
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
Whatsapp: +1(929)526-0086