MENGANALISIS
E-BISNIS TERHADAP
AMAZON.COM
Kelompok :
Aisyah 201610325188
Jihan Aufila 201610325328
Samsul Hadi 201610325227
Sumita Ramadhanti 201610325242
Kiwanson 201610325160
Kreshno Wildan 201610325110
Kelas : 4 B2
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Perkembangan
E-commerce semakin pesat ditandai dengan semakin meningkatnya pengguna internet
di Indonesia. Berdasarkan survey Marketeers bersama lembaga riset MarkPlus
Insight, pengguna internet di Indoneia pada tahun 2010 sejumlah 42,16 juta jiwa
dan terus meningkat sampai pada tahun 2013 yaitu mencapai 74,57 juta jiwa
(www.the-marketeers.com). Hal ini menunjukkan bahwa peluang e-commerce akan
semakin besar di dunia maupun di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki nilai
e-commerce yang diperkirakan terus meningkat hingga mencapai angka 130 miliar
dollar AS pada 2016 yang diungkap oleh CEO Southeast Asia Lazada, Maximillian
Bittner (www.wartadigital.com).
Peningkatan
nilai pada e-commerce juga mempengaruhi konsep-konsep pemasaran. Konsep
pemasaran saat ini berorientasikan pada konsumen. Perilaku pada konsumen
e-commerce memang sedikit berbeda dengan perilaku konsumen tradisional. Bagi
konsumen online, melakukan transaksi dengan pemasar online akan
mempertimbangkan ketidakpastian dan resiko jika dibandingkan dengan transaksi
jual beli secara tradisional. Pembeli diberikan kesempatan yang sedikit untuk
mengetahui kualitas produk dan melakukan pengujian terhadap produk yang
diinginkan melaluibmedia web. Ketika pelanggan melakukan pembelian dari website
pemasar yang tidak dikenal, mereka tidak dapatvmengetahui kualitas barang dan
jasa yang ditawarkan.
Faktor
pendukung e-commerce salah satunya adalah website. Konsumen pada e-commerce
berinteraksibdengan perusahaan menggunakan website. Pengukuran kualitas website
dapat dilakukan dengan tools atau survei. Pada penelitian ini, kualitas web
diukur oleh pengguna khususnya oleh konsumen dengan didasari oleh pengukuran
kualitas website menggunakan webqual 4.0. Pengukuran kualitas web pada webqual
4.0 dilakukan oleh pengguna web tersebut sehingga pengukuran yang dilakukan
akan membantu pengelola web untuk menyesuaikan kualitas web sesuai dengan
persepsi pengguna. Webqual 4.0 memiliki beberapa variabel yang dapat diukur
yaitu kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan. Ketiga
variabel yang digunakan pada webqual dapat menjawab permasalahan perusahaan
e-commerce dalam menjawab kebutuhan pelanggan terhadap kualitas website yang
dikelola perusahaan e-commerce (Barnes dan Vidgen, 2002:114).
Pengukuran
kualitas web yang dilakukan oleh konsumen akan membantu perusahaan untuk dapat
melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap website untukmeningkatkan
pelayanan terhadap konsumennya. Pelayanan
yang dilakukan perusahaan merupakan interaksi antara perusahaan dan
konsumen yang dimulai dari web e-commerce tersebut. Jenis e-commerce pada
penelitian ini adalah e-commerce business to consument (B2C), sebab jenis ini
merupakan jenis e-commerce yang dapat dinilai langsung kualitas website
perusahaan bisnis oleh konsumen akhirnya. Perkembangan web e- commerce di
Indonesia juga semakin pesat ditandai dengan munculnya web e-commerce besar
yang makin dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat seperti Amazon.com dan
olx.com. “Indonesia menjadi negaradengan pertumbuhan pasar toko online terbesar
di dunia dengan rata-rata sebesar 17% tiap tahunnya (www.bisnisukm.com).
Pertumbuhan
tersebut menyebabkan semakin ketatnya persaingan bisnis dengan media website
atau toko online. Penelitian ini dilakukan pada salah satu web e- commerce
Indonesia yaitu www.Amazon.com. Sebagai toko online buku, koran dan majalah
digital yang pertama di Indonesia, Amazon. com memiliki tantangan tersendiri
untuk dapat menarik konsumen di tengah persaingan toko-toko online lainnya.
Banyak cara untuk menarik konsumen, salah satunya dengan menjaga kualitas
website untuk dapat mempertahankan web surfer mencari informasi di dalam website
hingga bisa menjadi online buyer pada web tersebut.
Toko
online ini sudah cukup dikenal di Indonesia dan kualitas sistem yang
terintegrasi di dalamnya sudah tidak diragukan lagi sehingga pengujian hubungan
variabel- variabel kualitas web dan keputusan pembelian online dilakukan pada
situs ini.
1.2
RUMUSAN MASALAH
1. Apakah
yang Dimaksud Dengan Amazon ?
2. Bagaimana
Strategi yang
Digunakan dan
Model Bisnis Seperti Apakah Amazon Itu ?
3. Apakah
Masalah Yang Dihadapi Oleh Amazon dan
Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalahnya?
4. Apakah Kekuatan Dan Kelemahan Amazon?
5. Apakah
Amazon Akan Sukses Dalam Jangka Panjang?
1.3
TUJUAN
PENELITIAN
1. Mengetahui
Yang Dimaksud Dengan Amazon.
2. Mengetahui
Strategi Yang Digunakan Dan
Model Bisnis Seperti Apakah Amazon Itu.
3. Mengetahui Masalah Yang Dihadapi Oleh
Amazon Dan Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah.
4. Mengetahui
Kekuatan Dan Kelemahan Amazon.
5.
Mengetahui Amazon Akan Sukses Dalam
Jangka Panjang.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
3.1
Sejarah Amazon
Perusahaan ini didirikan pada
tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk khalayak umum satu
tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja di De Shaw&CO
memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri.
Pada mulanya nama dari
perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal 5 Juli
tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah.
Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan
kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih
istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada
dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang
dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di
Amerika. Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika
Serikat ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat
peluang yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan
terjadi di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat
berkembang pesat.
Pada awalnya, Bozes merinci
ada 20 daftar nama barang yang akan dipasarkannya tapi kemudian dipersempit
menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan dianggap sangat menguntungkan. Kelima
produk tersebut yaitu buku, software komputer, video, hardware komputer, dan
compact disc. Dari lima daftar ini akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku
secara online pada mulanya. Pada awal penjualan di amazon.com berupa buku ini
mengalami perkembangan yang pesat karena ketika itu permintaan buka sangat
banyak.
3.2
Pengertian E-commerce
E-commerce didefinisikan
sebagai cara untuk menjual dan membeli barang-barang dan jasa melalui jaringan
internet dan tidak hanya itu namun mencakup berbagai aspek. e-commerce
merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi, dan proses
bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik.Berdasarkan beberapa definisi e-commerce dapat disimpulkan
e-commerce adalah
kegiatan jual beli barang atau jasa melalui jaringan informasi yang disebut
dengan internet. E-commerce
dapat dikelompokkan dengan melihat partisipan pada transaksinya yaitu business
to consumer, business to business, dan consumer to consumer.
Pada penelitian ini lebih
menekankan e-commerce business to consumer (B2C) karena menyangkut kualitas web
e- commerce yang dinilai oleh pengguna akhir atau konsumen. “E-commerce
business to consumer yaitu semua transaksi ritel dengan pembeli individual
contohnya www.amazon.com, www.dagadu.com dan lain-lain”. Transaksi B2C memiliki desain
yang berbeda dengan B2B, sebab tidak semua konsumen mempunyai keahlian
teknologi informasi, sehingga perusahaan harus mempunyai instruksi yang jelas
yang dapat membantu konsumen. Situs B2C memerlukan navigasi yang lebih cepat,
petunjuk model keranjang belanja dan penyimpanan profil konsumen yang lebih
jelas.
Pada masa lalu, konsumen bukan pertimbangan
penting dalam pelayanan informasi. Namun lama kelamaan akan menjadi sangat
penting dan menjadi perhatian utama perusahaan di masa yang akan datang.
Perilaku Konsumen OnlinePengertian perilaku konsumen online menurut (2008)
adalah perilaku konsumen online adalah “tindakan-tindakan yang dilakukan oleh
individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan
keputusan dalam mendapatkan barang secara online, menggunakan barang-barang
atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan”. Berdasarkan
definisi tersebut perilakau konsumen online merupakan kegiatan yang dipengaruhi
oleh faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi minat untuk membuat
keputusan pembelian secara online serti kegiatan pasca melakukan pembelian.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen online adalah karakteristik
pribadi yang terdiri dari usia, gender, etnis, pendidikan, gaya hidup,
psikologis, pengetahuan, nilai dan kepribadian; karakteristik lingkungan yang
terdiri dari sosial, keluarga, komunitas, masyarakat; karakteristik penjual
yaitu reputasi merk, stimulus pemasaran seperti pengetahuan tentang produk,
kualitas produk, harga, ketersediaan produk, tipe produk dan lain-lain; dan
sistem e-commerce yaitu dukungan logistik dan pembayaran seperti pilihan
pembayaran, pilihan pengiriman, kondisi barang saat diterima, privasi dan
keamanan; fitur website yang terdiri dari navigasi, desain situs, informasi
yang up to date, kemudahan penggunaan, presentasi informasi dan akses; serta
layanan konsumen seperti email, call center, personalisasi, dan FAQ. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi
minat, pembelian dan sikap setelah pembelian pada konsumen online.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1
Pengertian
Amazon
Amazon.com, Inc. (NASDAQ: AMZN) adalah sebuah
perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di
Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer daring terbesar di
dunia. Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik konsumen—termasuk
pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire—dan
merupakan salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.
Amazon memiliki beberapa situs web ritel untuk
Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol,
Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke
negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di
Polandia, Brasil, Belanda dan Swedia.
Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini (dengan
nama Cadabra) pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama
amazon.com tahun 1995. Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah
satu sungai terbesar di dunia, yang juga
diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi
Yunani. Amazon.com berawal sebagai toko buku daring, lalu menjadi penjual DVD, CD,
MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan,
furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.
3.2
Model
bussines Amazon
1.
Revenue Model
Amazon.com
adalah contoh dari perusahaan yang menggunakan diversified revenue model. Pada
awalnya Amazon.com berdasarkan pada sales revenue model. Amazon.com saat ini
juga sudah menggunakan advertising revenue model, dimana perusahaan bayar biaya
iklan terhadap produk tertentu. Amazon.com sekarang ini juga sudah termasuk
dalam subscription revenue model, dimana juga menjual majalah dengan pembayaran
dimuka (magazine subscriptions). Amazon.com juga termasuk kedalam affiliate
revenue model, dimana partner dari Amazon.com dan perusahaan membuat (produce)
berbagai macam produk seperti elektronik dan pakaian, menciptakan penjualan
dari produk dan menerima persentase dari penjualan produk tersebut.
Amazon.com
juga menggunakan pay-per-view access dimana jika kita tertarik dan meng-klik
salah satu barang, Amazon secara otomatis akan men-charge ke perusahaan yang
menjual barang tersebut dengan per hitungan per view. Pay-per view access ini
berdasarkan pada seberapa banyak orang yang singgah dan melihat barang yang
dijual dan biasanya one-time pay-per-view access ini berkisar dari beberapa
cent sampai beberapa dollar.
2.
The Major Type of Business
a. Business-to-Customer
(B2C)
Business-to-Consumer
(B2C), yaitu transaksi ritel dengan pembeli individual. Amazon.com adalah contoh yang
sangat baik untuk B2C dimana Amazon.com adalah retail site dengan menggunakan
sales revenue model. Yaitu bagaimana Amazon.com juga mengijinkan perusahaan
mengiklankan produk mereka dengan membayar produk-produk yang mereka mau iklan
kan. Iklan ini menjadi pendapatan iklan untuk Amazon.com, membuat Amazon.com
sebagai bagian dari sales revenue model dan juga bagian dari advertising revenue
model. Dengan menggunakan subscription revenue model, perusahaan menyediakan
servis kepada konsumennya untuk mendapatkan informasi seperti laporan konsumen
(customer reports), surat kabar online (online newspaper), dan majalah online
(online magazines).
Dengan
menggunakan sales revenue model, perusahaan membuat pendapatan dengan menjual
produk, servis ataupun informasi kepada konsumennya. Sales revenue model yang
digunakan oleh Amazon.com adalah click-and-clik retailers. Dimana
click-and-click retailers adalah perusahaan-perusahaan yang menjual produk
mereka lewat website. Amazon.com adalah contoh yang sangat baik dimana
perusahaan itu dapat secara spesifik menjual produk mereka lewat internet.
Contoh lainnya seperti Toys ‘R’ Us, dimana Toys ‘R’ Us membuat perjanjian
dengan Amazon.com untuk menjual produk mereka lewat website Amazon.com.
b. Business-to-Business(B2B)
Business-to-Business
(B2B), meliputi transaksi IOS (Inter Organizational System) dan transaksi pasar
elektronik (electronic market transactions) antar organisasi. Tipe-tipe IOS
antara lain berupa EDI, extranets, electronic funds transfer, electronic forms,
integrated messaging, shared databases, dan supply chain management. Hingga
saat ini tipe B2B adalah yang paling dominan dalam praktek e-business.
Pada
pertengahan tahun 1990an, teknologi website berkembang menjadi B2B commerce.
Dimana banyak perusahaan membuat B2B website commerce mereka. B2B website tidak
untuk umum (public), tidak seperti B2C website. Tetapi B2B adalah website yang
tersedia (available) untuk pathner bisnis, supplier, juga perusahaan. Karena
website ini membantu industri-industri dalam menekan biaya (reduce cost) dalam
mengatur pesanan mereka dan juga menggunakan lebih sedikit karyawan dalam
menangani konsumen mereka.
|
Pada Amazon.com saat ini
|
Rekomendasi
|
1. Revenue Model
|
Menggunakan diversified revenue model seperti :
1. Dahulu menggunakan:
-
Sales revenue model
2. Sekarang menggunakan:
-
Advertising revenue
model
-
Subscription
revenue model
-
Affiliate revenue
model
-
Pay-per-view access
|
-
Adanya cicilan dari
kartu kredit tertentu
Misalnya :
Bagi pemegang kartu
kredit MASTER atau VISA dapat mencicil dengan bunga yang disepakati.
-
Adanya promo atau
diskon dari kartu kredit tertentu.
|
2. The
Major Types of E-Business
|
-
B2C
-
B2B
|
-
C2C
Dimana Amazon.com menyediakan
juga bagi costumer yang menjual barang dapat dipasang dalam websitenya
seperti handycraft, dll.
|
3. Market
Place position
|
-
Reseller
|
|
4. Types
of Sell-Side E-commerce
|
-
Transactional e-commerce
site
|
|
5. Commercial
model
|
-
Iklan and commision
|
|
6. Commercial
Agreements
|
-
Pure market
-
Fixed price
|
-
Diadakan promo jika ada
event khusus dan diskon tertentu, sehingga harganya tidak selalu fixed price.
|
7. Location
|
Neutral
|
|
3.3
Strategi
yg digunakan dalam Amazone
1.
Core Value yang Dipegang
Amazon
Perkenalkan
sistem pertama yang dipegang oleh Amazon selama bertahun-tahun yaitu Core Value
yang merupakan filosofi khusus bagaimana sebuah Amazon memandang pelanggannya
baik yang berpotensi maupun yang tidak. Pada strategi bisnis Amazon ini memang
sudah dibahas di mana-mana karena sangat berpengaruh terhadap minat pelanggan
untuk datang ke Amazon. Filosofi ini juga banyak diterapkan pada beberapa
perusahaan retail terkait dan hasilnya sangat memuaskan. Beberapa hal yang
termasuk Core Value yang dipegang oleh Amazon sebagai berikut:
2.
Obsesi Pelangan
Seluruh
proses dan pelayanan memang ditujukan untuk pelanggan, ada beberapa cara yang
dilakukan Amazon seperti memetakan proses, solusi, dan after sales Service yang
akan dilakukan jika pelanggan telah membeli barang. Pelayanan ini juga tidak
berhenti untuk pelanggan yang membeli saja tetapi berlaku untuk semua orang
yang tertarik dengan Amazon.
3.
Inovasi
Beberapa
inovasi akan dilakukan sebagai wujud pengembangan suatu usaha. Maka dari itu
pada internal Amazon sendiri sering dibahas dan dibuat kompetisi dalam
memberikan inovasi terbaik untuk perusahaannya. Inovasi untuk mendapatkan
kepuasan pelanggan yang tinggi ditambah dengan pelayanan yang tepat membuatnya
sukses bertahan selama bertahun-tahun.
4.
Review Sebelum Bertindak
Wajib
dilakukan oleh pekerja Amazon sendiri yang mengharuskan mengenali situasi dan
keadaan dahulu sebelum bertindak. Hal ini akan meminimalisir dampak lanjutan
pada suatu masalah tersebut. Kondisi awal perlu diketahui dahulu agar apa yang
menjadi sumbernya akan terlihat dan mudah diatasi. Cara ini memang strategi
bisnis Amazon yang ditiru banyak perusahaan lain juga.
5.
High Hiring Bar
Tidak
semua perusahaan yang menerapkan sistem ini karena pada saat mencari pelamar
kerja pasti memilih mereka yang kompeten dan ahli di bidangnya. Berbeda dengan
Amazon karena memiliki sistem di mana bagian personalianya akan bertanya kepada
dirinya sendiri “ apakah saya mengagumi orang ini?akankah saya belajar dari
diri sendiri atau orang ini memiliki segalanya untuk melakukan pekerjaannya?”
dengan begitu akan menimbulkan niat pada diri personalia untuk lebih mengenali
sosok pelamar kerja yang ingin bergabung di tempatnya tersebut.
6.
Strategi Bisnis Amazon Tentang
Penghematan
Biasanya
ketika suatu perusahaan sudah berada di atas angin maka segala pengeluarannya
akan ditolerir. Hal ini justru akan membuat celah suatu perusahaan tersebut
akan turun dengan cepat maka dari itu sistem internal di Amazon sendiri
mengharuskan karyawannya untuk membeli barang yang dibutuhkan saja sehingga
tidak semua barang bisa dibeli. Dengan cara ini dipercaya dapat menekan hal
buruk dan bisa bertahan lebih lama jika suatu kondisi memungkinkan untuk
survive.
Demikian
informasi dari strategi bisnis Amazon yang bisa diterapkan oleh perusahaan
lain. Memang pada kenyataannya akan sulit dijalankan dan membutuhkan
kepercayaan juga terhadap karyawan yang bersangkutan. Semoga bisa membantu anda
dalam menghadapi tantangan persaingan dunia usaha yang baru.
3.4
Masalah
yang pernah dihadapi Amazon
Pada
permulaan dimulainya usaha Amazon tersebut, jaringan toko buku besar yang telah
ada tidak terlalu menaruh perhatian pada Amazon. Akan tetapi, dalam waktu dua
tahun, strategi perusahaan toko online Amazon.com seperti memberikan harga
diskon, e-mail mengenai ulasan buku secara gratis dan fasilitas pencarian yang
mudah telah menarik minat begitu banyak pembeli dan begitu banyak liputan media
sehingga para pesaing mulai berjuang untuk membuka toko buku Internet sendiri.
Sukses
Amazon.com sempat menurun hingga titik nol di tahun 2001, ketika terjadi “dot-com
bubble burst” dimana banyak situs-situs .com menjadi bangkrut. Jeff mengatur
ulang strategi bisnis Amazon dengan cara merekrut perusahaan lain untuk menjual
barangnya melalui Amazon. Berbagai perusahaan besar seperti Target, Toys R Us,
dan Old Navy, setuju untuk menjual produk mereka melalui Amazon. Strategi ini
berjalan dengan mulus, dan menjadikan Amazon sebagai toko retailer online terbesar
di seluruh jagad maya.
Problem 1:
Sebuah
bug password aneh ditemukan pada Amazon, dimana karakter penutup dan semua
setelah delapan karakter pertama diabaikan untuk password yang lama. Pembahasan tentang masalah ini
dimulai pada Reddit oleh user yang memperhatikan sistem Amazon tersebut akan
mengotentikasinya bahkan ketika dia melakukan salah ketik pada akhiran passwordnya. Pada awalnya ini mungkin
terdengar seperti masalah keamanan yang serius, tetapi setelah menganalisa
implikasi menyadari bahwa dampaknya sangat terbatas. Menganggap remeh Amazon dan
kemungkinan perlindungan terhadap Brute Force Attack, untuk menemukan kombinasi
yang cocok mungkin membutuhkan banyak waktu, bahkan dengan daftar alamat email
yang sudah dimiliki.
Problem 2:
Amazon
memiliki pusat penyimpanan komputasi awan (cloud computing) bernama Amazon Web
Services (AWS) yang dimanfaatkan oleh situs ternama seperti Reddit, Quora,
FourSquare, Hootsuite, New York Times, ProPublica dan 70 situs lain. Sayangnya,
pemadaman besar muncul menimbulkan pertanyaan besar soal kedigdayaan AWS.
Dalam
keadaan normal, ribuan perusahaan menggunakan AWS untuk mengaktifkan situs
mereka memanfaatkan layanan bernama Elastic Compute Cloud (EC2). Daripada
membeli server sendiri untuk menggunakan situs mereka, perusahaan cenderung
memanfaatkan Amazon untuk mendapatkan fitur yang sama. Amazon mengklaim
memiliki kapasitas server yang sempurna dan sangat rumit.
Sayangnya,
Amazon gagal memenuhi janji. Beberapa situs terpaksa mengalami kesulitan akses
selama 4,4 jam. Bahkan, ada beberapa pihak yang merasakan ‘kesunyian’ selama 36
jam.
3.5
Solusi yang dihadapi Amazon
Solusi :
Perusahaaan
dapat dengan mudah memecahkan masalah dengan memaksa semua user yang terkena
dampaknya untuk mengkonfirmasi password mereka dengan mengetik dua kali saat
mereka log in dan menggunakan kesempatan itu untuk menghasilkan hash yang
benar.
Solusi 2 :
AWS mencoba
untuk merestore kembali data klien. Backup data di cloud server secara default
adalah per hari = 1 backup data, kecuali kalau klien tersebut mengambil paket
istimewa yang bisa sampai 4 kali backup per hari ataupun membuat custom script
backup sendiri.
3.6
Produk
Yang Digunakan Untuk Kegiatan Bisnis
1) Amazon
Book Surge
Amazon’s
BookSurge adalah buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk
mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan
distributor. BookSurge
beroperasi pada April tahun 2005.
2) Amazon
EBS
Amazon
Elastis Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk
digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok untuk aplikasi yang
memerlukan database, sistem file, atau akses ke mentah blok tingkat
penyimpanan. Diluncurkan
ke publik pada 21 Agustus 2008.
3) Amazon
EC 2
Amazon EC2 ( Elastis Cara Cloud )
berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah. Bersama
Amazon’s virtual penyimpanan produk S3, EC2 bekerja sama untuk menyediakan
ruang data storage. penyimpanan data. Contohnya adalah Pownce dan Justin.tv
yang menggunakan EC2. Disini user hanya membayar sejumlah yang digunakan. Contoh
setiap jam adalah $ 0,10 dan tidak ada biaya minimum.
4) Amazon
Elastic Map Reduce
Amazon
elastis MapReduce merupakan bagian dari Amazon Web Services (aws). Ini adalah
layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analis data, dan pengembang
dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data dalam jumlah
besar. Menggunakan Amazon Elastic MapReduce pengguna dapat melakukan aplikasi
seperti web indexing, data, log file analysis, machine learning,financial,
scientific simulations, research and bioinformatics.
5) Amazon
Fresh
Amazon
Fresh adalah layanan pengiriman makanan yang pemesanannya dilakukan secara
online. Amazon Fresh saat ini sangat berkembang di Seattle, daerah Washington.
6) Amazon
Kindle
Diperkenalkan
ke publik pada bulan November 2007 Kindle
adalah sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Books, newspapers, Buku,
koran, majalah dan blog yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis
melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan dalam format
eksklusif untuk Kindle.
7) Amazon
Amazon’s Kindle 2
Kindle
2 adalah ponsel ebook reader. Dipublikasikan pada 9 February 2009. Februari
2009. Produk ini menggunakan teknologi nirkabel 3G.
8) Amazon
Kindle DX
Amazon
Kindle DX merupakan versi dari Kindle, yang dirilis pada Mei tahun 2009. DX
memiliki ukuran layar lebih besar daripada versi Kindle sebelumnya.
9) Amazon
S3
Amazon
S3 (Simple Storage Service) merupakan layanan penyimpanan online untuk
perusahaan-perusahaan pengembang. Data dapat disimpan atau diambil melalui
antarmuka web sederhana dari komputer mana saja dan dapat dilakukan setiap
saat.
10)
Amazon Unbox
Amazon
Unbox video adalah layanan video, dan hanya tersedia di Amerika Serikat.
11) Amazon
Video on Demand
Amazon
Video on Demand adalah layanan video streaming untuk televisi dan film. Pada
peluncuran di bulan Juli tahun 2008, lebih dari 40 000 film dan televisi telah
tersedia disini.
12) Amazon
Web Services
Sejak
awal tahun 2006, Amazon Web Services (aws) perusahaan telah menyediakan semua
ukuran dengan infrastruktur layanan web platform in the cloud. Anda dapat
dengan AWS permintaan daya penghitungan, penyimpanan, dan layanan lainnya
mendapatkan akses ke yang elastis infrastruktur TI sebagai layanan bisnis Anda
tuntutan mereka.
13) Mechanical
Turk
Amazon’s
Mechanical Turk adalah sumber keramaian layanan yang memungkinkan para
pengembang dan perusahaan untuk mendapatkan orang-orang untuk melakukan
sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat melakukan komputer sangat mudah.
Amazon’s service market sebagai Artificial Intelligence, karena pengguna dapat
menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang mirip dengan sangat sulit untuk
melaksanakan/membuat artificially intelligent machines. Manusia masih sangat
unggul ke komputer di banyak realms. Mengidentifikasi konteks dalam gambar
untuk tag dapat dilakukan dengan cepat oleh manusia, tetapi tidak sama sekali
oleh komputer
3.7
Identifikasi
Kekuatan Dan Kelemahan Amazon.Com Secara Internal
1. Bagian
pemasaran
Kekuatannya:
·
Amazon.com sudah mempunyai
merek yang terkenal dan tepercaya.
·
Strategi pemasaran yang bagus
·
Harga produk yang lebih murah
dibandingkan pesaing yang lainnya
Kelemahannya : Pada bagian
pemasaran ini tidak terdapat kelemahan
2. Bagian
operasional
Kekuatannya:
·
Situs Website yang memiliki
akses yang cepat, design yang menarik dan sangat mudah untuk dioperasikan.
·
Amazon.com memiliki diversivikasi produk
sehingga memberikan tambahan pelanggan.
Kelemahannya:
·
Amazon.com ini tergantung pada
penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman.
3. Bagian
Keuangan
Kekuatannya:
Semua pembayaran dilakukan
secara transfer (kartu
kredit), sehingga perusahaan amazon.com sendiri tidak perlu repot.
Kelemahannya :
Strategi free shipping khusus
member akan mempengaruhi posisi keuangan di masa depan.
3.8
Analisis
Kekuatan Dan Kelemahan Amazon
Kekuatan :
·
Amazon.com merupakan
perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus menghibur.
·
Fungsi seperti Pengguna Review
yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan
yang dapat membantu mendorong penjualan.
·
Amazon merupakan perusahaan
online yang telah memiliki nama yang terkenal di seluruh dunia.
·
Pada sepuluh tahun terakhir
ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta orang, dan sekarang
amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang mencakup elektronik,
mainan dan permainan, dan masih banyak lagi.
·
Penggunaan pasar on-line
menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barangbarang yang tidak
diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com untuk bersaing
dengan para pengecer lainnya.
·
Perhasil membangun ikatan yang
kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan kesetiaan kepada
merek.
Kelemahan :
·
Amazon.com tergantung pada
penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka
dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat layanan dan potensi
masalah biaya meningkat seperti:transportasi,industry dan kenaikan bahan bakar
kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan.
·
Amazon menambahkan kategori
baru untuk bisnis, maka risikonya dapat merusak merek
·
Supplier sedikit
·
Resiko inventori-musiman
·
Pelanggaran data rahasisa
informasi pelanggan
·
Amazon merupakan toko buku
nomor satu. Toy-R merupakan pengecer nomor satu untuk produk mainan dan
permainan. Bayangkan jika Toy-R mulai menjual buku. Hal ini akan merancukan dan
membahayakan konsumennya dan juga mereknya. Dengan cara yang sama, banyak dari
kategori baru, misalnya otomotif, dapat membuktikan terlalu membingungkan bagi
pelanggan.
3.9
Kesuksesan Amazon Dalam Jangka Panjang
Amazon
merupakan perusahaan terbesar di dunia dan sahamnya bisa naik dua kali lipat
setiap tiga tahun sekali. Mari kita lihat laporan
keuangan terakhirnya – mereka mengungkapkan bahwa Amazon menghasilkan
pendapatan tahunannya sebesar $ 100 miliar dan hal ini tidak menutup
kemungkinan untuk terus tumbuh secara konsisten sebanyak 20%.
Penjualan
Amazon pada kuartal pertamanya di tahun 2017 naik sebanyak 41% menjadi $ 724
juta. Pendapatan operasional Amazon di kuartal saat ini saja dimulai dari $ 425
juta sampai $ 1,08 miliar dan untuk penjualan bersihnya mereka mendapatkan $
35,3 miliar sampai $ 37,8 miliar (analisis perkiraan penjualan proyek sebesar $
36,9 miliar pada kuartal saat ini), menurut Bloomberg.
Menurut
catatan pengamatan saya, yang membuat Amazon menjadi perusahaan terbesar di
dunia adalah strategi pertumbuhannya yang disiplin, lima faktor pertumbuhan
yang sangat mempengaruhi pertumbuhan pendapatan Amazon:
1. Pelanggan/Customer
Amazon
mulai menjual buku ke konsumennya dan sekarang mereka juga menjual lebih banyak
barang – mulai dari film hingga deterjen (ada 300 juta akun pengguna pada bulan
Februari 2017).
2. Geografi
Amazon
mulanya didirikan di A.S. dan sekarang telah memiliki kantor di 30 negara – hal
ini menunjukkan kepada saya bahwa dari landscape geografi mereka sudah
menawarkan potensi pertumbuhan yang signifikan. Dan mereka kini telah menikmati
pertumbuhan besarnya di India menurut data yang dipaparkan oleh CNBC.
3. Produk
Melalui
pengembangan dan akuisisi internal, Amazon terus memperluas penawaran produk
dan layanannya – dan mereka juga telah berhasil menjual 368,8 juta produk pada
Desember 2016.
4. Kemampuan
Amazon
biasa mengoperasikan situs web hingga dapat mengatur gudang logistiknya sendiri
– gudang operasi dengan setidaknya memiliki 45.000 robot – untuk memenuhi
layanan pesanan cepat dengan harga rendah.
5. Budaya
Amazon
telah menciptakan budaya yang menarik bagi orang-orang yang berbakat dan
mendorong mereka untuk menciptakan pengalaman bagi para pelanggannya yang
semakin besar.
Ada empat alasan mengapa
Amazon merupakan perusahaan terbesar di dunia.
1. Bezos
adalah CEO startup yang mengelola perusahaan publik besar
Bezos
merupakan pemimpin dari sekumpulan perusahaan publik besar – termasuk Alphabet,
Facebook, dan Netflix – dijalankan oleh pendirinya – yang terus berkembang di
lebih dari 20% per tahunnya.
Kekayaan
bersih Bezos sebesar $ 78,7 miliar, menurut FORBES, menariknya lagi hanya
terpaut $ 9 miliar saja dari aset kekayaan Bill Gates di $ 87,7 miliar pada 28
April.
2. Layanan
Web Amazon secara menguntungkan telah mendominasi industri yang diciptakannya
Amazon
Web Services, divisi cloud komputasi, tumbuh sebanyak 42,6% $3,66 miliar dan
laporan pendapatan operasionalnya sebesar $ 890 juta – 89% total dari total
perusahaan. Margin bersih AWS sebesar 24,3% lebih tinggi dari tahun sebelumnya
yang sebesar 23,5%, menurut MarketWatch.
AWS
masih menjadi pemimpin dalam industri yang berkembang pesat yang diciptakannya.
Synergy Research melaporkan bahwa pangsa 40% Amazon dari pasar cloud komputasi
mengalahkan Microsoft, Google dan IBM.
3. Amazon
Prime
Program
loyalitas yang dirancang untuk meningkatkan nilai setiap pelanggan Amazon yang
mencakup “diskon pengiriman, musik dan streaming video dan penyimpanan foto
yang membuat pembeli tetap terlibat dengan situs web”. Amazon menambahkan
audiobook dan podcast ke Prime pada 2016 menurut Fortune.
Pada
akhir Maret 2017, 80 juta orang berlangganan Prime – naik sebanyak 36% dari
tahun sebelumnya, menurut Consumer Intelligence Research Partners.
4. Amazon
terus bereksperimen untuk menciptakan pertumbuhan
Perusahaan
Amazon yang ingin mendapatkan pertumbuhan besar di atas 20% – harus
meningkatkan pendapatan setidaknya sebesar $ 27 miliar setiap tahunnya. Itu
adalah tugas yang berat.
Sementara
pertumbuhan dari AWS dan Amazon Prime pada akhirnya akan melambat, alasan
terbesar untuk bertaruh pada Amazon adalah bahwa keberadaan bisnis ini mengalir
dari kemauan Bezos untuk bertaruh pada pertumbuhan – dan menerima hasil
keuangan triwulanan.
Untuk
itu, Amazon berinvestasi dalam “berbagai inisiatif seperti memperluas
layanannya ke India dan Australia, mempercepat waktu pengiriman hingga hanya
satu jam pada produk tertentu, menambahkan keterampilan dan perangkat baru
untuk platform Alexa,” tulis Bloomberg.
“Kami
terus mencari hal-hal yang disukai pelanggan, agar dapat tumbuh menjadi besar
dan memberikan keuntungan finansial yang kuat dalam jangka panjang dan dapat
bertahan selama beberapa dekade,” CFO Brian Olsavsky mengatakan dalam sebuah
konferensi lewat panggilan telepon.
Kemampuan
Amazon yang terbukti untuk mendapatkan laba atas investasinya dalam pertumbuhan
yang disiplin ini adalah alasan terbaik untuk tidak kehilangan kepemilikan
sahamnya.
BAB IV
PENUTUP
A
KESIMPULAN
Dalam hal perspektif dan sudut pandang
pelanggan, Amazon memiliki strategi yang sangat berbeda. Amazon menempatkan
diri dengan penekanan pada review kustomisasi dan penjualan produk pada
pelanggan. Amazon yang berorientasi pada penjualan produk dengan memberikan
layanan berupa kustomisasi produk kepada pelanggannya mengakibatkan situs
tersebut menyediakan informasi yang sangat banyak dan luas. Hal ini dapat
menyebabkan pelanggan mengalami kelebihan informasi (overloaded information)
yang mungkin juga berdampak pada pengunjung yang tidak lagi kembali untuk
melakukan pembelian.
Dari sudut pandang pemanfaatan teknologi
informasi, ada dua kesimpulan yang dihasilkan dari berbegai analisa dan
percobaan sebelumnya. Pertama, dengan melihat dari sejarah awal Amazon,
mengakibatkan situs penjualan ini benar-benar terintegrasi di seluruh dunia.
Pembukaan infrastruktur sistem informasi Amazon melalui penciptaan Amazon Web
Services memungkinkan Amazon untuk menghasilkan
ratusan website afiliasi yang pada akhirnya memberikan kontribusi terhadap
pendapatan Amazon.
Dengan mengembangkan perangkat lunak CRM- nya,
reputasi Amazon meningkat pesat, dan juga faktanya membuat Amazon menjadi lebih
dekat kepada calon pelanggannya. Analisa
situs terkenal di dunia online yang dilihat dari sisi tujuan dan asal muasal
perusahaan menggunakan internet berdampak pada bagaimana suatu aplikasi
e-bisnis di desain. Analisa lebih lanjut, dapat dilakukan terhadap situs online
sejenis ini juga sesuai dengan negara asalnya sehingga bisa dilihat dan
dianalisa karakteristik e-bisnis apakah juga dipengaruhi oleh lokasi dan
kebiasaan pengguna di negara tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
BalasHapusSaya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------
Prediksi Togel HK Mbah Bonar 24 April 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus